Sejumlah warga di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) merasa bersyukur atas kebijakan pemerintah pusat dengan adanya program Mudik Gratis pada Lebaran 2024  karena mereka bisa pulang kampung menggunakan kapal gratis.

Sulita Ipa, salah seorang warga di Kota Ternate, yang mau pulang ke kampung halaman di Sanana di Kabupaten Kepulauan Sula, saat ditemui di kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Kamis mengaku sangat senang bisa pulang lebaran di Sanana menggunakan kapal gratis.

"Tahun lalu kita pulang lebaran, naik ke kapal rakyat dengan membeli tiket sebesar Rp300 ribu, sementara tahun ini adanya Program Mudik Gratis dari pemerintah kita pulang dengan kapal gratis yakni kapal Pelni KM Sangiang," ungkap Surlita Ipa bersama anggota keluarga di sela - sela berjalan naik ke atas tangga kapal.

Dia berharap, agar Program Mudik Gratis pada lebaran 2025 , masih bisa tersedia untuk warga di Provinsi Maluku Utara, sehingga dengannya Mudik Gratis tersebut dapat membantu masyarakat untuk bisa pulang kampung halaman.

Program Mudik Gratis ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan yang bekerja sama dengan PT Pelni dalam  Idul Fitri 2024 ini.

Kepala PT Pelni Cabang Ternate, M Lutfi Israr Sutan ditemui usai memberangkatkan pelayaran Mudik Gratis dengan KM Sangiang di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate mengatakan, hari ini mudik gratis yang diberangkatkan sebanyak 100 orang dari Ternate tujuan, Sanana di Kepulauan Sula, sesuai jadwal yang ditentukan dari pusat.

"Untuk di Ternate, Maluku Utara dalam pelayaran Mudik Gratis ini dilakukan mulai dari 27 Maret, khusus untuk Ternate, Sanana, sedangkan untuk 30 Maret nanti rute Ternate tujuan Ambon, Provinsi Maluku,"ujarnya.

Dia menjelaskan, dari total kuota Mudik Gratis yang disediakan dari PT Pelni pusat yang berjumlah 13. 060 orang, untuk Ternate mendapatkan 700 kuota.

"Dari 700 kuota akan dibagi menjadi tiga rute, mulai Ternate tujuan Sanana 100 orang  pada 27 Maret, sedangkan Ternate ke Ambon 300 orang pada 30 Maret,"kata dia.

Sedangkan untuk Ternate tujuan Bitung, Sulawesi Utara, kata dia, itu terjadi arus balik pada 15 April mendatang dengan jumlah kuota 300 orang.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024