Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVI Pattimura mengajak prajurit TNI di daerah itu untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan introspeksi diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Momentum bulan puasa ini bisa kita jadikan untuk mengintrospeksi diri kita, apakah yang kita lakukan selama ini banyak salah atau banyak kurangnya, ini harus kita perbaiki," kata Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Jumat.

Hal itu dikatakan Pangdam saat Safari Ramadhan di Markas Komando Yonif 733/Masariku, Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Pangdam XVI/Pattimura menyampaikan bahwa Safari Ramadhan ini merupakan agenda Pangdam yang bertujuan untuk mempererat hubungan tali silaturahmi antara pimpinan dengan anak buah, serta memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk meningkatkan kebaikan dan ketakwaan.

Dijelaskan juga bahwa, bulan puasa adalah bulan istimewa yang penuh Maghfiroh atau pengampunan dari Allah SWT, yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim untuk meningkatkan ibadah dan memohon ampunan.

"Di bulan suci Ramadhan, semua perbuatan baik yang dilakukan, dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, ini kesempatan untuk berbuat kebaikan, dengan harapan selesai puasa ini kita semua menjadi orang orang yang lebih bertakwa," kata dia.

Ia mengajak seluruh prajurit pada momentum bulan puasa ini manfaatkan untuk berbuat baik kepada diri sendiri maupun orang lain, menjaga hubungan baik dengan sesama manusia juga dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Jangan sebaliknya malah membuat masalah yang tidak baik.

Pada kesempatan itu Pangdam juga mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk tetap waspada dan hati-hati selama melaksanakan cuti Lebaran nanti.

Pangdam mengimbau agar cuti Lebaran dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, seperti berkumpul dengan keluarga dan menjalin silaturahmi.

Pada kesempatan ini juga Pangdam memberikan tali asih kepada 10 anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian dan menambah keberkahan dalam bulan Ramadhan.

Turut hadir dalam kegiatan Safari Ramadhan ini, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar,a beberapa Asisten Kasdam dan Kabalakdam serta para prajurit dan anggota Persit Yonif 733/Masariku.
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024