Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara mengingatkan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Antusiasme masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga di hari kemenangan semakin tinggi, sehingga semakin dekatnya Idul Fitr arus mudik pun semakin ramai, sehingga perlu mewaspadai selama arus mudik berlangsung," kata Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Senin.

Kabid Humas mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama perjalanan, terutama saat menggunakan pelayaran antarpulau.

Ia menegaskan bahwa dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, risiko kecelakaan di jalan juga meningkat. Oleh karena itu, masyarakat diimbau memprioritaskan keselamatan, terutama mereka yang mudik menggunakan mobil maupun motor melalui jalur darat.

Ia juga menyoroti pentingnya penggunaan helm bagi pengendara motor dan penggunaan sabuk pengaman bagi pengendara mobil.

Menurutnya, tindakan sederhana ini dapat menyelamatkan banyak nyawa dalam perjalanan mudik.

Selain itu, Kabid juga mengingatkan pentingnya istirahat yang cukup selama perjalanan jauh. Mengemudi dalam keadaan lelah dapat mengurangi kewaspadaan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Oleh karena itu, kata Bambang, pengemudi yang hendak mendahului kendaraan di depan dan menekankan perlunya memperhatikan dengan seksama kondisi jalur, termasuk kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

"Dengan kewaspadaan dan kehati-hatian, diharapkan semua pemudik bisa tiba di tujuan dengan selamat dan merayakan momen kebersamaan dengan keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate telah mempersiapkan sebanyak 22 kapal untuk melayani angkutan arus Mudik Lebaran tahun 2024.

Kasi Lalulintas Laut, KSOP Kelas II Ternate Plening Gil Alnursa mengatakan sebanyak 22 kapal yang disiapkan untuk angkutan mudik lebaran itu, setelah dilakukan pengecekan bersama dengan tim dari Direktorat Perkapalan dan Kelautan dan semuanya dinyatakan layak.

Arus Mudik Lebaran tahun 2024, KSOP Kelas II Ternate mempersiapkan tiga pelabuhan yang akan melayani pemudik dari dan ke Ternate.

 Ketiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Dufa - Dufa di Kecamatan Ternate Utara dan Pelabuhan Bastiong di Kecamatan Ternate Selatan.

Sedangkan, Pelabuhan terakhir yakni Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yang berada di wilayah Kecamatan Ternate Tengah dan pelabuhan yang terbesar di Provinsi ini, menjadi Posko Utama dari KSOP Ternate dalam menghadapi Arus Mudik Lebaran tahun 2024.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024