Kepolisian Resort (Polres) Seram Bagian Timur (SBT) menyiapkan sebanyak 80 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024 di daerah itu.

“Kita sudah melakukan koordinasi terkait pengamanan Lebaran, baik pada saat mudik, perayaan, malam takbiran, shalat lat Idul Fitri, liburan, cuti bersama dan arus balik pemudik Lebaran,” kata Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho, Ambon, Senin.

Hal ini disampaikan dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Ia mengatakan pengamanan Lebaran memerlukan kebersamaan dan keterpaduan semua instansi terkait.
 
“Kami Polres SBT juga sudah melakukan pengecekan ke gudang logistik, pelabuhan, angkutan lebaran dan Pertamina,” ujarnya.

Terkait arus mudik yang mungkin dari luar SBT yang ingin menuju SBT dan dari luar Bula ingin menuju Bula harus dipersiapkan angkutan darat dan laut.

“Untuk perayaan malam takbiran dan shalat Idul Fitri kita harus ekstra dalam melakukan pengamanan,” terang Agus.

Selain itu, tempat yang akan menjadi atensi untuk pengamanan adalah tempat-tempat rekreasi.

“Lakukan patroli rutin, libatkan TNI serta instansi lain di wilayah yang rawan dengan sasaran senjata tajam dan senjata api,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur menyatakan, kegiatan ini adalah bagian dari pelayanan sebagai aparat pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat dalam menyongsong Hari Raya Idul Fitri.

“Oleh itu ada banyak hal yang harus dilakukan dari sisi pengamanan, pelayanan pemerintahan, ekonomi dan bagaimana kita menyikapi hak-hak yang menyangkut dengan kemanusiaan,” katanya.

Bersama pemerintah daerah, ia berharap apa yang dilakukan adalah bentuk ikhtiar dalam rangka memberikan sesuatu yang diharapkan oleh masyarakat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024