Jumlah penumpang mudik yang keluar Pulau Ambon, Maluku melalui pintu Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon sejak tanggal 1 hingga 8 April 2024 mencapai 4.471 jiwa.

"Kalau untuk jumlah penumpang yang datang ke Kota Ambon dan turun melalui Pelabuhan Slamet Riyadi untuk periode yang sama sebanyak 3.726 jiwa," kata petugas piket Posko Pelayanan Mudik Lebaran Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon D Parera, di Ambon, Selasa (9/4).

Jumlah penumpang turun maupun naik pada pekan pertama April 2024 justru berkurang dibanding posisi 26 hingga 31 Maret 2024 dengan jumlah penumpang turun mencapai 1.350 jiwa.

"Sementara jumlah penumpang naik dari Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon menuju berbagai pulau di wilayah Maluku dan Provinsi Maluku Utara pada pekan terakhir Maret 2024 sebanyak 1.338 jiwa," ujar Parera.

Menurut dia, aktivitas penumpang mudik di pelabuhan tersebut dilayani sejumlah kapal cepat, di antaranya KM Cantika Lestari 8F, KM Barcelona, KM Cantika Lestari 6E, 77B, 5E, serta KM Cantika Lestari 9E.

Kapal cepat ini biasanya melayari rute Ambon-Seram Bagian Timur, Ambon-Namlea, Kabupaten Buru, hingga rute Ambon-Maluku Barat Daya, Maluku.

Sedangkan KM Barcelona melayari rute Ambon-Sanana-Ternate (Maluku Utara) hingga Manado (Sulawesi Utara).

"Kalau untuk pagi ini KM Barcelona baru tiba dari Manado-Ternate-Sanana-Ambon dan membawa 176 jiwa, kemudian sore hari kembali berangkat," kata Parera.

Sedangkan rute kapal penumpang yang berlayar dari Ambon menuju Namlea, Kabupaten Buru untuk hari ini tidak ada.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024