Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) intensif melakukan patroli masyarakat di Kota Ternate pascaLebaran Idul Fitri 1445 H/2024.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Kamis, mengatakan patroli dilakukan personel Dit Samapta Polda Malut di sekitar pelabuhan Kota Ternate untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah dan menangani potensi gangguan kamtibmas, seperti tindak kejahatan atau kerusuhan, yang dapat mengganggu keamanan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, tujuan dari patroli setelah perayaan Idul Fitri adalah memberikan rasa aman kepada masyarakat dan menciptakan situasi yang kondusif.

Tidak hanya itu, imbauan juga diberikan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga keamanan, terutama setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Kabid Humas mengatakan, Polri dengan penuh kesadaran berusaha memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan dan ketertiban dalam lingkungan sekitar.

Baca juga: Polda Malut imbau pengendara pastikan kondisi kendaraan dan kesehatan fisik saat balik

"Dengan adanya patroli ini, diharapkan keamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik pasca perayaan Idul Fitri, kegiatan patroli ini merupakan bagian dari komitmen Polri untuk memberi kenyamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Malut telah memperkuat langkah-langkah keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama libur panjang Lebaran 2024 dengan menggelar patroli dan pengamanan di sejumlah titik keramaian di Kota Ternate.

Dia menyatakan pihak kepolisian telah menegaskan komitmennya untuk memastikan keamanan bagi masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi gangguan kamtibmas dan memastikan kelancaran aktivitas masyarakat tanpa hambatan yang berarti.

Kabid Humas menekankan komitmen pihak kepolisian untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, terlihat Personel melakukan patroli di titik-titik rawan keramaian seperti pusat perbelanjaan, terminal, dan tempat-tempat lainnya.

Polda Malut memastikan kesiapan seluruh personelnya untuk bertindak cepat dalam mengatasi setiap potensi gangguan keamanan yang terjadi selama libur Lebaran.

Baca juga: Polda Malut gelar patroli pengamanan jamin keamanan selama libur lebaran

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024