Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara menyasar sekolah di daerah itu untuk menyosialisasikan program literasi digital agar siswa bijak gunakan media sosial.

"Saat ini sebagian besar pengguna medsos merupakan siswa SMA sederajat, tentunya seluruh siswa di sekolah akan diberi sosialisasi terkait dengan literasi digital," kata Kadis Kominfo Kabupaten Halbar, Sahmi Salim dihubungi, Minggu.

Seperti diketahui, Diskominfo, Statistik dan Persandian menyiapkan SDM di bidang literasi digital untuk memberikan pelatihan bagi pelajar, karena sebagian besar merupakan pengguna medsos.

Oleh karena itu, pihaknya intensif melakukan sosialisasi ini agar masyarakat, terutama pelajar di daerah ini bisa memanfaatkan medsos secara bijak dan bisa dijadikan sebagai media edukasi.

Sebelumnya, Pemkab Halbar telah menargetkan seluruh daerah di kabupaten itu mendapatkan kemudahan mengakses jaringan seluler melalui program Halbar berdering.

"Kami telah upayakan untuk membangun menara 4G di kawasan terluar, sehingga memudahkan warga mendapatkan akses jaringan telekomunikasi," katanya.

Dia menyampaikan sampai saat ini pembangunan Base Transceiver Station (BTS) belum ada kendala, sehingga dalam tahun ini kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan akses komunikasi bisa terpenuhi.

Selain itu, menara BTS akan dibangun PT Telkomsel di kawasan Kecamatan Sahu dan akan memberikan akses jaringan 4G di berbagai kawasan yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Ia menyampaikan sebelumnya, Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) membangun 61 Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Halmahera Barat (dalam mendukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.

"Kami telah perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital dengan menyediakan 61 tower BTS 4G untuk mendukung pengembangan komunikasi di Pulau Halmahera," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024