Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Utara (Malut) menyatakan, sebanyak 1.098 Calon Jamaah Haji (CJH) akan diberangkatkan dengan tiga kloter diberangkatkan ke Mekkah melalui embarkasi Makassar untuk menunaikan ibadah haji tahun 2024.

"Sebanyak 1.098 CJH asal Malut akan diberangkatkan, di luar 16 CJH lainnya asal Malut yang telah dipindahkan ke embarkasi lain," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Malut, Amar Manaf dihubungi usai pelepasan CJH asal Malut di Asrama Haji Ngade Ternate, Sabtu.

Sedangkan untuk CJH lanjut usia (lansia) telah diberikan kuota oleh pemerintah pusat yakni 5 persen dari total setiap provinsi dan Malut sendiri mendapatkan 54 orang lansia.

Amar mengatakan, tentunya untuk lansia akan diberikan penanganan secara khusus baik saat berada di asrama haji Ternate, embarkasi Makassar maupun hingga tiba di Arab Saudi.

"Jadi, seluruh CJH usia lansia itu dalam hal layanan penanganan secara khusus dan itu sudah terlaksana pada tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Dia menyebut, lansia untuk umur 60 tahun ke atas dan di Malut sekitar 600 orang CJH, kondisi Kesehatan layak terbang, termuda 20 tahun asal Kota Ternate dan tertua dua orang dengan usia 90 orang.

Untuk CJH yang kategori difabel sebanyak 36 orang menggunakan kursi roda untuk mendapatkan pelayanan dan mendapat prioritas utama, karena untuk musim haji ini dicanangkan sebagai ramah lansia.

Oleh karena itu, kata Amar, panitia akan fokus memberikan pelayanan kepada CJH lansia yang menggunakan kursi roda.

Sedangkan, untuk rencana pemberangkatan CJH Malutkata Amar, terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 11,13 dan 15. Kloter 11 itu telah masuk asrama haji tanggal 17 Mei tahun 2024 dan berangkat menuju Makassar mulai 20 Mei akan diberangkatkan ke Madinah.

Sementara Kloter 13 masuk asrama haji Ternate tanggal 18 Mei dan tanggal 19 Mei diberangkatkan ke Makassar dan pada tanggal 21 Mei akan menuju ke Jeddah dan kloter ke 15 rencana masuk asrama haji tanggal 20 Mei diberangkatkan ke Makassar tanggal 21 Mei dan tanggal 23 Mei akan menuju Jeddah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024