Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie mengajak semua pihak di daerah itu untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku 2024.

"Kegiatan ini adalah saat yang tepat untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun komitmen dan sinergisitas lintas sektoral guna menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 di Provinsi Maluku," kata Sadali saat membuka Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024 di Kota Ambon, Kamis.

"Kita mesti percaya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), serta Pemerintah Daerah, TNI-Polri, dan pemangku kepentingan terkait lainnya dalam mengemban tanggung jawab sesuai tupoksi dalam berkontribusi bagi suksesnya penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai dan kondusif," ujar Sadali.

Oleh karena itu, dirinya mengajak untuk bersatu padu, menyukseskan penyelenggaraan Pilkada ini.

"Mari kita jadikan proses ini sebagai perayaan demokrasi, yang tidak hanya berarti memilih pemimpin, tetapi juga mengukuhkan komitmen kita pada nilai-nilai kebersamaan dan persatuan dalam suasana perdamaian sebagai sesama orang basudara, potong dikuku rasa di daging, sagu salempeng patah dua," ucapnya.

Menurut dia, berdasarkan peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, saat ini kita berada pada tahapan kedua yang berarti bahwa pemilihan gubernur dan wakil gubernur telah memasuki tahapan strategis, yang mana KPU sebagai penyelenggara Pilkada harus menyiapkan berbagai sumber daya yang dimiliki guna pelaksanaan pemilihan baik tingkat provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

"Tahapan penyelenggaraan dimulai dari pengumuman pendaftaran pasangan calon, sampai dengan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih, menuntut kerja keras dan kerjasama, baik internal KPU maupun eksternal KPU," terangnya.

Selain itu, Penjabat Gubernur juga mengatakan KPU perlu melakukan sosialisasi setiap tahapan Pilkada kepada masyarakat, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Tahun 2024, serta mendorong tingkat partisipasi masyarakat, menentukan arah, dan kepemimpinan Maluku dalam periode lima tahun ke depan.

"Pemerintah Provinsi Maluku sendiri telah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung suksesnya pesta demokrasi pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Periode 2024-2029, untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada, Pemerintah Provinsi Maluku telah menetapkan Keputusan Gubernur Maluku Nomor 28 Tahun 2024, tentang Pembentukan Dukungan Elemen Satuan Kerja Pemilihan Kepala Daerah (Desk Pilkada) serentak Tahun 2024," paparnya.

Ia menambahkan, dukungan anggaran, personel, dan sarana prasarana pendukung telah disiapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.

"Kami berharap semua dukungan dari Pemerintah Daerah berdampak positif bagi suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Maluku," tutupnya.

Hadir pada kesempatan itu Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan KPU RI, Ketua KPU Provinsi Maluku, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Pimpinan Lembaga Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, dan pemangku kepentingan terkait.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024