Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melakukan digitalisasi penerimaan retribusi segala urusan yang berhubungan dengan pelayanan pada  Dinas Perhubungan di kabupaten itu.

“Digitalisasi penerimaan retribusi ini bukan hanya tentang memindahkan proses dari  manual ke digital. Ini adalah tentang transformasi, tentang membawa pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah ke era baru, teknologi berperan penting dalam mendukung proses- yang lebih cepat, efisien, dan  akurat,” kata Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis.

Hal itu diutarakan dalam kegiatan rapat koordinasi implementasi digitalisasi penerimaan retribusi Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah  2024 dihadiri oleh Pimpinan PT. Bank Maluku Maluku Utara Cabang Masohi,  Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kepala Bagian serta tamu undangan lainnya.

“Bagi Maluku Tengah, Ini adalah tonggak bersejarah dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam administrasi pemerintahan, serta untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa kerja sama dan sinergisitas antara Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tengah, Badan Pendapatan Daerah, dan Bank Maluku Maluku Utara sangat  vital dalam kesuksesan implementasi ini.

“Kita semua harus bersatu, bekerja keras, dan saling mendukung untuk memastikan bahwa sistem baru ini berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak terkait,” ujarnya.

Menurut  dia dalam era teknologi informasi dan komunikasi menjadi tulang punggung kemajuan, Maluku Tengah tidak boleh tertinggal.

“Oleh karena itu, mari  bersama-sama menjadikan digitalisasi ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas layanan, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ,” tuturnya.

Penjabat Bupati mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pimpinan OPD, atas peningkatan kinerja dan layanan berbasis digital maupun Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah atau ETPD.

Ia berharap ETPD ini dapat terus diperluas objek dan jangkauannya sehingga dapat memastikan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan daerah.

”Saya yakin, dengan semangat kolaborasi dan inovasi, kita akan mencapai kesuksesan besar dalam implementasi digitalisasi ini,” ujarnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024