Balai Taman Nasional (BTN) Manusela mengimbau kepada para pendaki Gunung Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk.

“Para pendaki juga perlu memperhatikan kondisi cuaca yang dapat berubah dengan cepat dan berpotensi membahayakan keselamatan pendaki, sehingga perlu waspada,” kata Kepala BTN Manusela MHD Zaidi Ambon, Selasa.

Ia mengimbau para pendaki untuk selalu memantau prakiraan cuaca dari BMKG sebelum memulai pendakian. Kondisi cuaca yang tidak menentu bisa berbahaya, terutama di jalur pendakian yang curam dan berisiko.

Meskipun pihaknya telah meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pendaki dengan memperbarui fasilitas pendukung di sepanjang jalur pendakian, termasuk rumah singgah serta meningkatkan kapasitas pemandu gunung dengan kelompok pecinta alam lokal dan pemandu profesional, katanya, para pendaki tetap harus melakukan persiapan secara matang sebelum melakukan pendakian.

Pendaki diminta untuk selalu membawa peralatan keselamatan, seperti jaket hujan, tenda yang tahan cuaca ekstrem, dan peralatan navigasi.

“Keselamatan pendaki adalah prioritas utama kami, oleh karena itu persiapkan diri sebaik mungkin dan tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu," ujarnya.

Di sisi lain, Zaidi berharap, para pendaki tidak hanya menikmati keindahan alam Gunung Binaiya tetapi juga memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami ingin memastikan setiap pendaki memiliki pengalaman yang aman dan berkesan, sambil tetap menjaga kelestarian Taman Nasional Manusela," ucap dia.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024