Masjid Raya Al Fatah Ambon Maluku menerima seekor sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Sapi dari Presiden diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Maluku Sadali  kepada pihak Yayasan Al Fatah pagi tadi,” kata Ketua Yayasan Al Fatah Hadi Basalamah di Ambon, Kamis.

Hadi mengatakan bahwa sapi sumbangan Presiden Joko Widodo untuk disembelih di Masjid Raya Al Fatah itu dibeli dari peternak sapi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku.

“Sapi peranakan ongole seberat 965 kilogram itu berumur empat tahun,” kata Hadi.

Hadi berharap nantinya daging sapi sumbangan orang nomor satu di Indonesia itu dapat dibagikan tepat sasaran kepada mereka yang membutuhkan.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa Masjid Raya Al Fatah Maluku menerima dan menyalurkan hewan kurban bagi siapa saja yang ingin berkurban di masjid terbesar di Maluku itu.

Sementara itu sebelumnya Penjabat Gubernur Maluku Sadali  berharap melalui peringatan Idul Adha ini umat Islam di Maluku dapat mencontoh suri tauladan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang dengan penuh keikhlasan lahir batin memenuhi perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT).

“Jadilah sosok Nabi Ismail yang berani berkorban karena keteguhan iman dan batinnya kepada kedua orang tua,” ujar Sadali.

Ia menganjurkan kepada umat Islam yang telah mempunyai kesanggupan untuk berkurban hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus, serta ikhlas, sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

“Diharapkan melalui momentum berkurban ini mampu menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara yang mampu dan tidak mampu agar bisa hidup berdampingan saling tolong menolong dengan penuh kedamaian,” ungkap Sadali.

Ia berharap semoga mereka yang merayakan Idul Adha dapat menjadi Muslim-Muslimat yang memiliki kualitas keikhlasan yang lebih baik dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024