PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) secara berkala melaksanakan agenda pemeliharaan infrastruktur kelistrikan di berbagai unit kerja khususnya di sistem Ambon.

"Melalui Unit Pelaksana Pengatur dan Penyaluran Beban (UP3B) Maluku Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Ambon, dilakukan pemeliharaan pergantian dan pembersihan isolator pada Tower 15 Line 2 Jurusan Passo – Wayame," kata General Manajer PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya rutin menjaga keandalan dan kestabilan jaringan listrik kepada pelanggan di sistem Ambon.

“Kami berupa senantiasa menjaga kualitas layanan dan meningkatkan keandalan listrik bagi masyarakat merupakan salah satu komitmen kami, " katanya.

Di Pulau Ambon, diantaranya dikerjakan melalui UP3B Maluku, yang menurunkan personel terbaik untuk mengeksekusi pemeliharaan tersebut.

Agenda berkala ini katanya, dilaksanakan dengan menurunkan sebanyak tujuh personel di lapangan.

Awat menyatakan, pekerja lapangan menjalankan tugas dengan memperhatikan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dalam sesi pengarahan, pengawas pekerjaan menjelaskan rincian analisa pekerjaan berwawasan K3 atau Job Safety Analysis (JSA) dan dokumen yang harus dimiliki atau working permit pekerjaan.

Sementara itu pengawas K3 menekankan pentingnya keselamatan kerja, karena mereka akan bekerja di ketinggian.

Selama proses pemeliharaan dilakukan, pengawas pekerjaan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pengawas manuver untuk melakukan pemadaman aliran listrik pada menara tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan kerja.

Pengawas pekerjaan dalam hal ini mengarahkan pekerjaan kepada tim pemeliharaan agar setiap pelaksanaan pekerjaan dapat berjalan dengan SOP dan standar konstruksi yang berlaku.

"Dengan isolator yang baik dan bersih, jaringan listrik dapat berfungsi lebih efisien dan aman, dan kami memastikan pasokan listrik stabil bagi masyarakat," kata Awat.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024