Ambon (Antara Maluku) - Perusahaan perikanan terpadu di Tual PT Maritim Timur Jaya (MTJ) menyerahkan 15 hewan kurban kepada warga yang bermukim di sejumlah desa penyangga di Kota Tual, Maluku.

Direktur Operasional PT MTJ Ny Dipa Tamtelahitu, Senin mengatakan ke-15 ekor sapi kurban tersebut diserahkan untuk membantu meringankan beban warga kurang mampu saat perayaan hari besar keagamaan termasuk Idul Adha 1434 Hijriah.

Dia mengatakan hewan kurban yang dibagikan kepada warga kurang mampu di sejumlah desa penyangga yang berada di sekitar perusahaan tersebut merupakan bagian dari program Artha Graha Peduli yang dilaksanakan setiap tahun.

"Bantuan diserahkan kepada desa-desa tetangga yang selama ini menjadi penyangga utama operasional perusahaan di bidang perikanan," katanya.

Desa penerima bantuan yakni Ngadi, Dullah, Tamedan, Labetawi, Watran, Fifitan, Sathean dan Selayar. Bantuan hewan kurban juga diberikan kepada pengurus masjid Dusun Wara, masjid BTN Koperasi serta dua pondok pesantren masing-masing Hidayatullah dan Al-Ikhlas.

Khusus bantuan untuk dua pondok pesantren dan masjid daging kurbannya akan dibagikan kepada para santri dan warga miskin yang menjadi binaan.

Pihaknya juga menyerahkan tiga ekor sapi kepada perwakilan karyawan perusahaan dan akan dipotong dan dibagikan kepada keluarga masing-masing bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1434 Hijriah, Selasa (15/10).

Dia berharap bantuan tersebut juga menjadi motivasi bagi warga lain untuk turut membantu kaum duafa yang ada disekitarnya, sehingga berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

450 hewan

Koordinator Pelaksana Idul Adha Artha Graha Peduli anas Latif dalam dirilisnya diterima Antara menyebutkan pihaknya membantu 450 hewan kurban terdiri dari sapi, kambing dan kerbau tersebar pada 281 titik di puluhan kabupaten - kota di Indonesia.

"Ratusan hewan kurban berasal dari keluarga besar Artha Graha Network serta amanah kurban umat Muslim yang mempercayakan penyalurannya melalui Artha Graha Peduli," katanya.

Kegiatan pembagian hewan kurban Artha Graha Peduli merupakan hal rutin yang dilakukan Artha Graha Peduli setiap tahunnya. Kebanyakan disalurkan untuk warga miskin yang berada di daerah terpencil dan sulit dijamah transportasi dengan tujuan hewan kurban dapat sampai kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

"Tahun ini jumlah hewan kurban yang disalurkan lebih banyak dan cakupannya mencapai tiga kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dengan perluasan cakupan wilayah pendistribusian kurban semakin banyak masyarakat yang menerima daging kurban," katanya.

Ratusan hewan kurban tersebut disalurkan di seluruh pelosok wilayah di tanah air diantaranya di seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Lampung, beberapa wilayah di Pulau Sumatera, Bangka, NTB, NTT, Sulawesi, Kota Ambon serta Tual Maluku Tenggara.

Dalam penyaluran hewan kurban jaringan perusahaan tersebut bekerja sama dengan pengurus sejumlah pondok pesantren dan masjid, termasuk bersilaturahmi dengan penerima bantuan.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013