Ambon (Antara Maluku) - Tim dokter Pemerintah Vlissingen, Belanda dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menggelar operasi katarak secara gratis pada 4 - 14 November 2013.

"Operasi katarak yang digelar merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus bentuk kerja sama kota kembar (sister city) Ambon - Vlissingen," kata Kadis Kesehatan setempat Tressje Tory, di Ambon, Kamis.

Menurut dia, operasi katarak ditujukan kepada masyarakat kurang mampu di Pulau Ambon dan sekitarnya.

"Operasi akan dilaksanakan di klinik mata Passo, kecamatan Baguala sekaligus peresmian klinik mata hasil kerja sama Pemkot Ambon dan Vlissingen. Masyarakat yang memiliki gangguan pada mata dapat memperoleh pengobatan operasi oleh tim ahli dari Belanda," katanya.

Treesje mengatakan, kegiatan itu melibatkan tiga dokter ahli katarak, dokter anastesi, asisten dan beberapa perawat.

"Tim ini juga akan dibantu dokter ahli dari Kota Ambon untuk mempermudah proses operasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang mempunyai gangguan mata dapat mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat atau ke Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Treesye mengakui pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui puskesmas, media cetak dan radio serta spanduk.

"Pendaftaran operasi katarak dimulai hari ini (31/10), operasi tidak dipungut bayaran termasuk untuk biaya rawat inap," katanya.

Pemberian pengobatan dan perawatan gratis di Kota Ambon dilaksanakan setiap tahun sejak 2005 sebagai bentuk kerja sama Ambon - Vlissingen di bidang kesehatan maupun pendidikan.

"Bulan Februari 2013 telah dilakukan operasi urologi, sedangkan Tahun 2012 telah dilakukan operasi katarak dan bibir sumbing, tahun ini dilanjutkan dengan operasi katarak," kata Treesye Tory.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013