Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies terpilih menjadi koordinator regional untuk kota musik UNESCO di wilayah Asia Pasifik.

Pemilihan terjadi pada konferensi tahunan kota Kreatif Dunia 2024 di Kota Seni-Media UNESCO, Braga, Portugal, pada Juli 2024.

"Walaupun saya tidak hadir pada perhelatan dunia ini, tetapi yang membanggakan, dukungan utama didapatkan, terutama dari Norrkoping (Austria), Kansas City (USA), Daegu (Korea Selatan), Ipoh (Malaysia), Suphanburi (Thailand), dan masih banyak kota di Asia Pasifik yang mendukung," kata Ronny Loppies di Ambon, Kamis.

Selain untuk Asia Pasifik, dipilih juga koordinator regional untuk Amerika Utara dan Amerika Selatan, Eropa dan Afrika berdasarkan laporan dari koordinator kluster musik UCCN.

"Semuanya ini menambah keyakinan bahwa Ambon semakin berjejaring secara internasional karena banyak kepercayaan dari kota lain di dunia terhadap Ambon City of Music,” katanya.

Untuk diketahui, dalam konferensi tahun 2024 itu lebih dari 130 orang dan 660 delegasi hadir dari 250 kota kreatif dunia, di antaranya 55 kota berasal dari kota musik dunia.

Kota kreatif dari seluruh dunia hadir untuk merayakan ulang tahun ke-20 jejaring UNESCO ini dan menggarisbawahi pentingnya keterlibatan pemuda dalam pembangunan perkotaan.

Sesi yang sangat penting adalah sesi tingkat tinggi, di mana wali kota dan berbagai perwakilan dari berbagai organisasi antarpemerintah dan jaringan internasional (660 kota kreatif) membahas strategi untuk lebih mengintegrasikan budaya ke dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan (sustainable city development).

Diskusi tersebut mencapai puncak pada pengesahan manifestasi Braga 2024, yang menganjurkan agar budaya diakui sebagai tujuan tersendiri dalam kerangka pembangunan berkelanjutan pasca-2030.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Direktur AMO terpilih jadi koordinator regional kota musik UNESCO di Asia Pasifik

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024