Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Maluku mengajukan pembukaan program doktor pertanian dan doktor matematika ke kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Semua telah kami siapkan, dan dapat dievaluasi bersama. Kami berharap semoga usulan dua program doktor baru ini dapat terealisasi dan bisa menambah jumlah Program Studi S3 (Doktor)," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Minggu.

Rektor mengatakan saat ini dua program studi S3 tersebut telah ditinjau oleh Tim Asesor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek).

"Mereka telah melakukan visitasi atau kunjungan lapangan terhadap usulan dua program doktor baru di Universitas Pattimura ini," kata dia.

Prof Fredy Leiwakabessy pun memberikan apresiasi atas kerja keras tim dari FKIP maupun Fakultas Pertanian atas pembukaan Program Studi Doktor Baru di Universitas Pattimura, yaitu Program Doktor Ilmu Pertanian dan Program Doktor Pendidikan Matematika.

“Besar harapan kami, dengan usulan pembukaan dua program doktor baru ini maka pengembangan perguruan tinggi dapat mengarah pada pencapaian kualitas sumber daya manusia yang lebih baik di Indonesia, Wilayah Timur, dan Maluku secara khusus,” harap rektor.

Sementara itu Ditjen Kelembagaan, Osvaldo Sativa Amastha mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan evaluasi lapangan untuk membahas rencana pembukaan Program Doktor Ilmu Pertanian dan Program Doktor Pendidikan Matematika di Universitas Pattimura. Pembahasan tersebut tentunya akan berpusat pada tiga kriteria utama yaitu Kurikulum, SDM, dan PPS.

Melalui kegiatan tersebut Osvaldo berharap agar kegiatan yang dilakukan hari ini dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan yang sama Ketua LLDikti Wilayah XII, Dr Jantje Eduard Lekatompessy mengungkapkan Program Doktor yang diusulkan saat ini merupakan sebuah kebutuhan bersama terutama di Universitas Pattimura serta mem-backup program studi di perguruan tinggi swasta yang ada di Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Dr Lekatompessy mengakui dengan adanya usulan penambahan pembukaan Program Doktor baru tersebut, itu berarti Universitas Pattimura sudah berkembang dengan baik. Saat ini Universitas Pattimura sudah memiliki empat program studi doktor, dan diharapkan adanya penambahan dua program doktor baru maka akan menambah jumlah/daftar menjadi enam program studi doktor.

Dengan adanya usulan pembukaan program doktor baru di Universitas Pattimura, maka Dr Lekatompessy berharap agar dapat mem-backup kebutuhan program studi di perguruan tinggi swasta yang ada di Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024