Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara (Malut) menyatakan berkas empat bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur  dan Wakil Gubernur  Malut akan bertarung di pilkada serentak  2024 lengkap.

"Kami telah meneliti seluruh kelengkapan berkas dan dokumen empat bapaslon yang  mendaftar ke KPU, semuanya dinyatakan  lengkap," kata Ketua KPU Malut Mohtar Alting  di  Ternate, Jumat.

Menurut dia, mengacu pada  PKPU Nomor 8 tahun 2024 dan Surat Keputusan Nomor 229 Tahun 2024 terkait pencalonan dan berkas pendaftaran milik tiga bapaslon yang telah mendaftar dinyatakan lengkap.

Mohtar menyatakan, KPU Malut telah  meneliti dan memeriksai kelengkapan dan kebenaran dokumen syarat calon.

Selanjutnya, para bapaslon  akan melakukan pemeriksaan Kesehatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate mulai 27 Agustus hingga 2 September 2024, sebelum dilakukan penetapan calon gubernur/wakil gubernur pada 22 September 2024.

Pasangan yang telah mendaftar ke KPU Malut dan berkasnya dinyatakan lengkap yakni  Aliong Mus - Sahri Thahir (AM-Sah) diusung Gerindra, Partai Golkar, Partai Perindo, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang. Pasangan ini diusung sebagian besar partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Selanjutnya pasangan Benny Laos-Sarbin Sehe diusung Partai Demokrat, PKB, Partai Nasdem, PAN, PSI, PPP, Partai Buruh dan Partai Gelora. Pendaftar ketiga pasangan Muhammad Kasuba-Basri Salama (MK-Bisa)  diusung PKS dan Hanura.

Sedangkan bapaslon keempat yang mendaftar yakni bapaslon Husain Alting Sjah- Asrul Rasyid  Ichsan yang diusung koalisi PDiIP, PKN dan Partai Ummat berkasnya dinyatakan lengkap.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Malut Adrian menyatakan, dari aspek pengawasan, pihaknya memastikan seluruh berkas empat bapaslon telah lengkap dan akan dilakukan verifikasi di lapangan sesuai yang telah dijadwalkan KPU.

Ia mengingatkan pada tahapan kampanye  seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)  menjaga netralitas.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024