Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon, Indonesia, dan Pemerintah Kota Vlissingen, Belanda, akan memperpanjang kerja sama kota kembar (sister city) yang telah berlangsung sejak 2006, kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Penandatangan naskah kerja sama pembaruan dan orogram kerja akan dilakukan di Vlissingen, pada akhir Maret atau pertengahan April 2014, katanya di Ambon, Jumat.

Hubungan kerja sama yang telah terjalin sejak tahun 2006 difokuskan untuk penanganan sampah dan kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan

"Direncanakan akhir Maret atau awal April 2012, kami akan perbaharui kerja sama dengan Vlissingen. Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah untuk pengembangan kota Ambon di masa mendatang," katanya.

Richard mengatakan, kerja sama yang terus ditingkatkan Ambon dan Vlissingen Belanda diharapkan dapat memberikan manfaat untuk membangun, menata dan membenahi Ambon.

"Saya optimistis kerja sama ini dapat memajukan dunia pendidikan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat untuk lebih baik," ujarnya.

Diakuinya, banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Ambon diantaranya bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon (VA) di desa Passo, operasi katarak, operasi urologi dan operasi bibir sumbing.

Bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, serta bidang pariwisata yakni pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam.

Ia menjelaskan, tindak lanjut kerja sama dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan operasi plastik dan bibir sumbing

"Operasi ini ditujukan bagi masyarakat miskin dan membutuhkan pengobatan secara gratis. Sebelumnya pada November 2013 dilaksanakan operasi mata di klinik mata. Ke depan pelaksanaannya di RSUD Haulussy Ambon," ujarnya.

Richard berharap, dengan dilaksanakan pembaruan kerja sama tersebut masyarakat yang tidak mampu dapat menikmati layanan kesahatan gratis

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014