Empat pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, Maluku  mengikuti deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Selasa.

Deklarasi pilkada damai dilakukan di salah satu hotel di kota Ambon dihadiri empat pasangan calon  yaitu nomor urut 1 Agus Ririmasse- Novan Liem, nomor urut 2 Bodewin Wattimena - Elly Toisutta, nomor urut tiga Tadi Salampessy- Emmilyh Dominggus Luhukay dan nomor urut empat, Jantje Wenno - Syarif Bakri Asyathri,

Keempat  pasangan mendeklarasikan kampanye damai dengan membacakan tiga butir ikrar yang telah ditandatangani yakni mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

Kedua, melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang. 

Ketiga, melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 

 Ketua KPU kota Ambon, Kaharuddin Mahmud mengatakan  melalui  deklarasi kampanye damai pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada  dapat melaksanakan kampanye dengan tertib dan damai. 

"Tahapan kampanye mulai berlangsung pada  25 September dan berakhir pada 24 November 2024. Kami berharap tahapan ini bisa dilakukan dengan tertib, aman dan damai," katanya. 

Pihaknya juga meminta dukungan dari Forkopimda dan seluruh elemen di Kota Ambon untuk bersama menjaga dan menyukseskan Pilkada Ambon 2024.

"Karena Pilkada yang sukses adalah kesuksesan kita bersama. Jadi mari kita jaga dan sukseskan Pilkada Ambon tahun ini," ujarnya. 

Deklarasi tersebut juga ditandatangani ketua dan sekretaris Tim pemenangan masing-masing pasangan, Ketua KPU kota Ambon, Ketua Bawaslu Kota Ambon, Penjabat Wali Kota Ambon, Ketua DPRD, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Pulau Lease, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon.

Empat pasangan calon bersama Ketua tim pemenangan melepaskan balon sebagai bentuk simbol kedamaian penyelenggaraan Pilkada di kota Ambon.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024