Siapa yang tidak kenal Pharrell Williams ? Selama ini musisi Amrik kelahiran 5 April 1973 ini dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, rapper, produser musik, drummer, hingga fashion designer.

Pada 2014, Pharrell menyabet empat penghargaan Grammy, yaitu Producer of the Year, Album of the Year  (untuk album Daft Punk yang berjudul Random Access Memories), serta Record of the Year dan  Best Pop Duo/Performance untuk single Daft Punk berjudul “Get Lucky.”

Sudah memborong tujuh penghargaan Grammy, superstar yang kini sedang naik daun ini baru saja mengumumkan tentang album barunya yang berjudul G I R L, yang siap dirilis pada 3 Maret 2014. Album ini mengangkat hit single bertitel “Happy”.

Sesaat setelah pengumuman resmi tentang perilisan album ini, Pharrell langsung unjuk penampilan membawakan lagu “Happy” di  acara BRIT Awards yang digelar di London pada 19 Februari 2014.

Tanngal 2 Maret mendatang, ia akan tampil di acara 86th Annual Academy Awards. Di bulan yang sama, dia juga akan terbang ke Eropa,  tampil di dua acara yaitu Wetten Das (Jerman) dan Le Grand Journal (Perancis).

“Happy” yang pertama kali ditampilkan sebagai soundtrack film Despicable Me 2, saat ini menjadi fenomena di berbagai belahan dunia. Lagu ini memuncaki chart radio secara global.

iTunes menempatkan single ini di #1 di lebih dari 175 negara di dunia, termasuk di Indonesia. Dan hingga ini tercatat 2,3 juta download di seluruh dunia.

Di Billboard Hot 100, single ini masuk di #2. Radio-radio di Amerika Serikat sedang memuncaki chart dengan beragam format, mulai dari Top 40, Rhythm, AC, Hot AC, Urban, Urban AC, dan AAA.

Sementara di luar Amerika Serikat, “Happy” menduduki top chart di 14 negara termasuk di Australia, Perancis, Jerman, Inggris, Belgia, Denmark, Hongaria, Irlandia, Italia, Belanda, Selandia Baru, Afrika Selatan, Swiss, dan Polandia.

Pendek kata, “Happy” adalah lagu yang masuk nominasi Oscar dengan perolehan chart tinggi selama satu dekade ini.

Publik Indonesia sendiri merespon single “Happy” ini dengan antusias. Radio-radio sudah heavy airplay dan bahkan sudah masuk di chart #1. iTunes Indonesia juga mencatat single ini bertengger di posisi #1.

Pewarta: Sundari

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014