Integrated Terminal (IT) Wayame Ambon PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku membantu kelompok usaha minyak atsiri di Dusun Keranjang, Desa Wayame, Kota Ambon, sehingga bisa naik kelas.

"Wujud implementasi dukungan dari perusahaan dalam menjaga lingkungan dan menggerakkan ekonomi masyarakat, yang sejalan dengan proses bisnis perusahaan, kami membantu kelompok usaha bunga tani melalui program pengembangan masyarakat di wilayah binaan," kata IT Manajer Terminal Wayame Ambon Novi Prasetio, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, lokasi binaan IT Wayame ada dua kelompok yang dibantu, yakni kelompok usaha bunga tani, yang fokus pada minyak atsiri dan kelompok tani subur.

"Kami membantu budi daya tanaman yang diolah menjadi aneka jenis minyak gosok, sehingga memberikan dampak positif dalam hal keuntungan bagi masyarakat itu sendiri, " katanya.

Bantuan telah diberikan dalam dua tahap, yakni bantuan pertama terkait kebutuhan alat pencacah ataupun juga alat penyuling minyak, serta rumah produksi.

Tahap kedua di tahun 2024, berdasarkan forum diskusi yang dilalukan bersama masyarakat setiap tahun .

Bantuan yang diberikan, sesuai usulan masyarakat yang akan ditindaklanjuti, sehingga bantuan yang diberikan lebih tepat sasaran, mengingat tahun 2024 fokus pada administrasi pengurusan izin edar usaha minyak atsiri.

"Sejauh ini kami melihat prospek usaha kelompok usaha minyak atsiri khususnya minyak nilam pangsa pasar sangat baik dan permintaan cukup tinggi, hanya saja masih terkendala pengurusan ijin edar, " katanya lagi.

Ketua Kelompok bunga tani La Yapi menyatakan, pihaknya sangat terbantu dengan bantuan yang diberikan Pertamina.

Bantuan yang diberikan PT Pertamina dimulai tahun 2023, berupa mesin pencacah rumah produksi, kegiatan pelatihan dan pengadaan baju.

Tahun kedua bantuan kelompok ajukan, yakni mesin sensor, tambahan profil tank, pengadaan listrik dan pengurusan izin edar produk yang saat ini masih dalam proses pengurusan.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan bantuan Pertamina, produk minyak atsiri kelompok bunga tani semakin dikenal masyarakat, bukan hanya di Kota Ambon, tetapi ke provinsi lainnya, dan terutama pendapatan kami semakin meningkat," katanya pula.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024