Bank Indonesia  Provinsi Maluku mencatat indeks harga konsumen di  Maluku mengalami deflasi  0,07 persen pada September 2024  mengacu kepada  data Badan Pusat Statistik (BPS).

"Inflasi gabungan kabupaten/kota di Provinsi Maluku terdeflasi tidak sedalam realisasi nasional sebesar 0,12 persen," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah di Ambon, Selasa.

Secara spasial, deflasi bersumber dari Kota Ambon sebesar 0,35 persen dan Kota Tual sebesar 0,37 persen, Sedangkan Kabupaten Maluku Tengah tercatat inflasi sebesar 0,44 persen.

Deflasi di Maluku utamanya didorong oleh realisasi kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang terkendali.

Menurutnya, realisasi deflasi utamanya bersumber dari komoditas hortikultura, antara lain cabai rawit, tomat, dan cabai merah.

Penurunan harga pada komoditas hortikultura terjadi di tengah berlangsungnya panen, terutama pada petani yang berlokasi di Kabupaten Maluku Tengah.

Selain itu, daerah pemasok luar Provinsi Maluku, yaitu Provinsi Sulawesi Selatan turut mengalami periode panen, sehingga pasokan komoditas hortikultura meningkat.

Kelompok Transportasi turut mendorong deflasi di Maluku. Kelompok Transportasi tercatat deflasi sebesar 0,45 persen  yang utamanya dipengaruhi oleh bensin dengan andil sebesar 0,08 persen. 

Penyesuaian harga BBM nonsubsidi yang terjadi pada bulan September berdampak pada deflasi kelompok transportasi.

Namun demikian, deflasi pada kelompok transportasi tertahan oleh tarif angkutan udara yang mengalami inflasi dengan andil sebesar 0,10 persen.

Peningkatan kunjungan di Maluku dinilai seiring dengan berbagai acara  dan persiapan pilkada serentak meningkatkan tekanan harga tarif angkutan udara.

Secara tahunan, pada September 2024, tekanan inflasi gabungan kabupaten/kota IHK di Provinsi Maluku tetap terkendali dan melandai. Inflasi tahunan September 2024 tercatat sebesar 1,79 persen , menurun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,58 persen .

Kendati begitu tingkat inflasi tersebut lebih rendah dibandingkan inflasi Nasional sebesar 1,84 persen. Lebih lanjut, tingkat inflasi gabungan kota di Provinsi Maluku masih berada dalam rentang sasaran inflasi Nasional tahun 2024 yang ditetapkan pada rentang 2,5+1 persen 

Realisasi yang terjadi di Maluku pada September 2024 seiring penguatan sinergi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk terus melaksanakan berbagai program strategis yang insentif guna memitigasi terjadinya inflasi, khususnya pada Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Dia menambahkan, beragam upaya pengendalian inflasi yang dilakukan, antara lain pasar murah, gerakan pangan murah, operasi pasar dan subsidi langsung ke pedagang yang terus didorong untuk memastikan keterjangkauan harga terutama komoditas perikanan dan hortikultura, 

Selain itu dilakukan juga implementasi green house dan hidroponik pada Pondok Pesantren Al-Muuluk dan Al Anshor untuk pengembangan produksi hortikultura.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024