PT Pertamina Patra Niaga memberikan kesempatan magang kepada para pelajar di Fuel Terminal yang berada di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di wilayah Papua dan Maluku.

'Program magang berhasil dilaksanakan selama tiga bulan melalui praktik langsung di lingkungan kerja Fuel Terminal BBM Pertamina, kemudian para pelajar ditempatkan di semua fungsi yang ada di Fuel Terminal BBM Pertamina," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku, Sunardi di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan terdapat mekanisme penilaian bagi para peserta magang yang dinilai berdasarkan daftar hadir bulanan, evaluasi bulanan, persentase akhir, esai serta tes potensi.

Berdasarkan mekanisme penilaian tersebut, tim penilai berhasil mendapatkan 11 peserta terbaik dari 27 peserta magang yang berasal dari Fuel Terminal Sorong, Manokwari, Nabire, Namlea dan Sanana.

Pelaksanaan program magang diharapkan dapat membuka jalan kepada putra-putri daerah asli Papua Maluku untuk dapat mengenal lebih jauh tentang Pertamina.

“Tentu kami berharap dari apa yang telah berhasil kita laksanakan, dapat membuka pintu bagi adik-adik yang berasal dari Indonesia Timur untuk dapat merasakan bagaimana bekerja dan mengenal Pertamina lebih dalam,” katanya.

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Mia Krishna Anggraini menjelaskan pelaksanaan program magang akan dikembangkan lagi dengan tujuan membuka wawasan bagi para generasi selanjutnya, terkhusus pelajar.

Potensi para pelajar, katanya,  masih dapat dikembangkan lagi ke banyak hal apabila dibukakan wawasan.

Harapannya mereka semakin semangat untuk mencari jalan dalam mencapai impiannya. Namun, apabila semangat tersebut tidak ada, maka peluang-peluang yang ada di Indonesia Timur akan lepas dari mereka.

Yang utama adalah bagaimana membuka wawasan untuk mengembangkan potensi terbaik di Indonesia Timur, nanti kita akan bekerja sama dengan BUMN lain, karena BUMN juga harus hadir untuk negeri,” katanya.

PT Pertamina Patra Niaga berharap dengan telah dilaksanakan program magang ini, bagi putra-putri terbaik Papua Maluku akan melanjutkan pengembangan di Wilayah Timur Indonesia sehingga visi Indonesia Emas untuk pemerataan pendidikan dan ekonomi dapat terwujud.

“Mimpi kami PT Pertamina Patra Niaga di Indonesia Timur nantinya akan diisi oleh adik-adik dari Indonesia Timur, apa yang kita cita-citakan tentang pemerataan kesehatan, ekonomi, dan kemampuan dapat terwujud, " ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024