Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) intensif melakukan Gerakan menanam sayur-mayur untuk menumbuhkan enterpreneurship bagi anak-anak, terutama dalam menumbuhkan semangat menjadi petani handal.

"Menanam sayur-mayur seperti kangkung ini selain menumbuhkan cinta terhadap alam, juga menumbuhkan enterpreneurship pada anak-anak, karena kangkung merupakan komoditi ekonomis yang bernilai jual di pasaran," kata Pj Sekprov Malut Abubakar Abdullah di Ternate, Kamis.

Pj Sekprov mengatakan, dalam kegiatan HUT Provinsi Maluku Utara ini sejatinya seluruhnya memiliki nilai manfaat, baik edukatif maupun hiburan bagi masyarakat, tinggal bagaimana kita melihat perayaan ini melalui perspektif seperti apa, termasuk dalam menanam sayur-mayur bernilai ekonomis.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Malut, Samsuddin Abdul Kadir, mengapresiasi aparatur di Dinas Pertanian, yang menjadi garda depan dalam mengembangkan dan meningkatkan produktivitas komoditi pertanian di Maluku Utara.

Samsuddin juga menambahkan, bahwa tujuan dari di adakannya Festival Komoditas Pertanian ini adalah sebagai penanda kepada masyarakat luas bahwa Maluku Utara memiliki diversifikasi komoditas pertanian yang  beragam serta unggul.

Pj Gubernur juga berharap bahwa seyogyanya tidak hanya berpuas diri dalam kenaikan kuantitas produksi tetapi juga bagaimana untuk mencari cara agar produksi yang melimpah tersebut dibarengi dengan signifikansi nilai penjualan, sehingga akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi perekonomian daerah namun juga para petani. 

Di samping itu, Pemprov Malut juga berharap instansi terkait untuk menumbuhkembangkan rasa cinta bagi anak-anak untuk menanam komoditas andalan seperti pala, cengkeh, dan kelapa telah mengangkat nama Malut ini ke posisi lima besar nasional dalam hal kualitas.

"Peningkatan produktivitas pertanian kini menjadi program strategis Pemerintah Provinsi Malut," ujarnya.

Acara Festival Komoditas Pertanian ini ditutup dengan makan bersama dengan aneka hidangan tradisional yang tersaji, terlihat tamu undangan begitu menikmati hidangan yang disajikan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024