Pimpinan baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon masa jabatan 2024-2029 yang resmi dilantik i berkomitmen meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk memajukan kota.

"Kiranya bersama-sama seluruh anggota DPRD kita dapat bersinergisitas pelaksanaan agenda dan materi alat kelengkapan sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing,” kata Ketua DPRD Ambon Morits Tamaela, di Ambon, Jumat.

Hal ini disampaikan usai resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya bersama dua wakil ketua DPRD dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Ambon, berlangsung di Ruang Paripurna Utama Baileo Belakang Soya oleh Ketua Pengadilan Negeri Klas I Ambon, Nova Loura Sasube. 

Ketiganya dilantik berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor 38 Tahun 2024. Mereka yang dilantik, Morits L Tamaela dari partai NasDem selaku Ketua, Gerald Mailoa dari PDI Perjuangan, selaku Wakil Ketua I dan Patrick Moenandar dari Perindo selaku Wakil Ketua II. Prosesi itu juga dihadiri Penjabat Walikota Ambon dan Forkopimda Kota Ambon.

Morits mengatakan, dalam pelaksanaan roda pemerintahan, harus berjalan seiring antara DPRD dan Pemerintah Kota Ambon dan seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan berwibawa serta mewujudkan Kota Ambon yang berbudaya, maju, bersih, indah, sejahtera dan berkelanjutan melalui sinergisitas dan komitmen bersama.

"Tugas pimpinan DPRD akan segera memproses dan menetapkan kedudukan masing-masing anggota dewan dalam AKD sehingga kami dapat segera melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan tugas DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah," ujarnya.

Ia juga mengingatkan terkait pelaksanaan Pilkada serentak yang segera berlangsung. Ia berharap, seluruh pihak agar tetap menjaga pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan damai.

Morits juga menyampaikan terima kasih kepada partai politik dan masyarakat Kota Ambon yang telah memberikan kepercayaan bagi seluruh anggota DPRD terpilih serta dirinya yang menjadi pimpinan.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya mengatakan, bahwa pemimpin harus mampu menemukan persoalan, berjuang menghadapi dan menyelesaikan tantangan, serta memberikan solusi atau jalan keluar bagi orang yang dipimpinnya.

"Ini sejarah, karena kali pertama partai Nasdem dan Perindo menduduki kursi pimpinan DPRD. Jadilah pemimpin yang baik dalam sebuah tim yang solid. Saya melihat, DPRD Ambon kali ini juga diwarnai dengan banyak orang-orang muda yang cerdas dan memiliki semangat kerja tinggi," katanya.

Menurutnya, lembaga DPRD merupakan simbol dari demokrasi kebangsaan Indonesia. Untuk itu, selaku Wakil Rakyat yang dipercaya masyarakat Kota Ambon tetap memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui kolaborasi dengan eksekutif guna melahirkan paket kebijakan yang berdampak bagi kesejahteraan warga Ambon. 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024