Ambon (Antara Maluku) - Koordinator XII Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wilayah Maluku, Maluku Utara dan Papua menyatakan, sembilan PTS di tiga provinsi ini masuk kategori sehat.

"Dari 24 PTS yang ada di wilayah Maluku, Malut dan Papua, baru sembilan diantaranya yang mendapat penilaian sehat dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Ketua Kopertis setempat, Jainuddin Notaubun di Ambon, Minggu.

Penilaian ini dilakukan Dirjen Dikti melalui seleksi PTS yang beroperasi di bawah naungan Kopertis Wilayah XII dan telah diumumkan dalam kegiatan rapat kerja di Ternate, Maluku Utara, pertengahan Maret lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Ternate saat itu dihadiri seluruh pimpinan PTS, Yayasan dan sejumlah dosen senior dari tiga provinsi yang memiliki sejumah PTS dan bernaung di bawah Kopertis XII.

Menurut Jainuddin, berbagai kriteria yang dijadikan dasar penilaian Dirjen Dikti terhadap PTS yang sehat diantaranya sehat dalam pelaksanaan operasi penerapan pendidikan dan proggram studi serta manajemen lembaga.

"Sebanyak 15 PTS yang belum memenuhi syarat untuk dijadikan PTS sehat, karena hasil penilaiyan dan seleksi selama ini hanya Sembilan PTS," katanya.

PTS yang meraih predikat terbaik dan sehat pada peringkat pertama adalah Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon dan tempat kedua diraih Universitas Iqra (UNIQRA) Kabupaten Buru yang bernaung di bawah Yayasan Muslim Buru.

Kemudian Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi (STIE) Mangaman Rutu Nusa, STIA Trinitas, STIA Abdul Asis Kataloka (Geser) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), STIE Saumlaki (Maluku Tenggara Barat), STKP Syahrir, Stikes Husada dan Akademi Maritim Maluku (AMM).

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014