Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara (Malut) meminta seluruh lulusan Poltekkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) harus siap bekerja di daerah terpencil berdasarkan program pendidikan kesehatan yang berorientasi kepada sistem penjaminan mutu untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing.

"Saya harapkan, lulusan Poltekkes secara global mampu menciptakan lapangan kerja dan bisa menjalankan tugas-tugas di bidang Kesehatan terutama di daerah terpencil," kata Pj Gubernur Malut dalam sambutannya diwakili Asisten III Setda Pemprov Malut, Asrul Gailea pada wisuda ke 23 Program Studi Diploma III Poltekkes Ternate di Ternate, Rabu.

Selain itu, Poltekkes adalah sebuah kampus yang telah memadukan kenyamanan lingkungan dan suasana akademik yang baik. Penerapan sistem manajemen mutu yang konsisten menjadikan proses kegiatan akademik di kampus Poltekkes terencana dan terjamin pelaksanaannya.

Pada momentum wisuda ini, dia berharap perjuangan para mahasiswa yang telah melalui suka dan duka selama di bangku kuliah akan mampu tampil terbuka untuk menunjukkan kemampuan di lapangan kerja.

"Saya juga berharap Insya Allah lulusan Poltekkes siap untuk bekerja dan mengabdikan diri, terutama untuk pembangunan kesehatan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya Pelantikan ini tentunya bertujuan untuk mengembangkan tanggung jawab profesi para lulusan agar ketika dihadapkan langsung ke masyarakat, para lulusan dapat menjadi tenaga kesehatan yang bertanggung jawab.

"Lulusan tahun 2024 ini harus kembali menunjukkan bukti nyata bahwa anda semua tidak hanya berakhir di panggung wisuda ini namun akan langsung terjun di lapangan dan menjadi kebanggaan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Direktur Poltekkes Kemenkes Ternate Ridwan Yamco menyampaikan Poltekkes Kemenkes Ternate senantiasa berkomitmen dan terus memacu diri agar selalu terdepan.

"Sebagai bukti Poltekkes Kemenkes Ternate memperoleh akreditasi perguruan tinggi 9 kriteria dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi dengan Predikat Sangat Baik dan Perpustakaan terakreditasi Unggul," kata Direktur Poltekkes.

Lanjutnya, bahwa pengembangan Poltekkes Ternate di masa mendatang memiliki tantangan dan juga peluang yang cukup berat, sehingga diperlukan transformasi dengan Paradigma baru.

"Dengan itu, Poltekkes Kemenkes Ternate saat ini telah dibuka kelas Internasional program studi keperawatan yang akan mampu bersaing ditingkat nasional maupun Internasional". Ujar Ridwan

Poltekkes Kemenkes Ternate telah meluluskan wisudawan/wisudawati berjumlah 260 orang terdiri atas Program studi D-III Keperawatan 101 orang, D-III Kebidanan 20 orang, D-III Gizi 46 orang, D-III Sanitasi 20 Orang dan D=III Teknologi Laboratorium Medik 73 Orang.

Dengan lulusan terbaik saudari Alda Ningsih Wardani Duwila dengan IPk 4,00 dari Program Studi DIII Keperawatan, Inayah Azzahra dengan IPk 3,90 dari Program Studi DIII Gizi, dan Windi Alicyia Samantha dengan IPk 3,79 dari Program Studi DIII TML.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024