Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 26.011 siswa SMA, Madrasah Aliyah (MA) serta sekolah menengah kejuruan (SMK) pada 11 kabupaten/kota di Maluku siap mengikuti ujian nasional (UN) tahun 2014 yang akan berlangsung Senin (14/4).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Maluku Semmy Risambessy di Ambon, Minggu, mengatakan siswa yang akan mengikuti UN tahun 2014 tersebut terdiri dari siswa SMA dan MA sebanyak 21.435 orang dan SMK 4.576 orang.

"Para siswa sudah dipersiapkan jauh hari untuk menghadapi UN tahun ini, baik melalui melalui pembekalan yang dilakukan pihak sekolah maupun dinas pendidikan masing-masing kabupaten/kota," katanya.

Dia mengakui semua siswa telah siap untuk mengikuti ujian yang sangat menentukan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Dia mengakui berbagai persiapan yang dilakukan disasarkan untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas kelulusan siswa di Maluku, sehingga mampu melanjutkan pendidikan pada berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di tanah air.

Target kelulusan yang dipatok yakni antara 97 persen hingga 98 persen dengan standar nilai rata-rata yakni 5,5 untuk setiap mata pelajaran.

Menyangkut soal ujian, Semmy menegaskan telah terdistribusi hingga ke kecamatan di masing-masing kabupaten/kota.

Pihaknya memprioritaskan pengiriman soal ke daerah yang jauh dan terpencil serta wilayah perbatasan dan disesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi laut.

"Khusus kecamatan yang jauh soalnya telah didistribusi ke sekolah-sekolah, sedangkan yang dekat dan mudah sarana transportasinya baru akan didistribusikan Senin (14/4) pagi," katanya.

Sejauh ini, katanya belum ada laporan dari 11 kabupaten/kota di Maluku tentang kekurangan soal dan diharapkan pelaksanaan ujian nasional berjalan tepat waktu.

Semmy menambahkan persentase kelulusan di Maluku terus mengalami peningkatan dalam kurun lima tahun terakhir diantaranya SMA/MA naik dari 98 persen tahun 2008 menjadi 99,03 persen tahun 2013, SMK naik dari 94,72 persen tahun 2008 menjadi 99,74 persen tahun 2013.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014