Ternate (Antara Maluku) - Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Maluku Utara (Malut) optimistis hasil Ujian Nasional (UN) SMA sederajat tahun 2014 di Malut akan lebih baik dari hasil UN tahun sebelumnya.

"Melihat kesiapan siswa dalam menghadapi UN 2014, Dikjar optimistis hasil UN SMA sederajat tahun ini, baik dari segi tingkat kelulusan maupun nilai yang diperoleh siswa akan lebih baik dari tahun sebelumnya," kata Kadis Dikjar Malut Imran Yakub di Ternate, Selasa.

Untuk tingkat kelulusan misalnya, yang pada UN SMA sederajat tahun sebelumnya mencapai 99,98 persen, pada UN 2014 ini diharapkan minimal mencapai 99,99 persen dan tidak tertutup kemungkinan bisa mencapai 100 persen.

Begitu pula untuk nilai rata-rata para siswa, kata Imran Yakub yang pada tahun sebelumnya Malut berada diurutan ke-33 dari seluruh provinsi di Indonesia maka UN 2014 ini diharapkan bisa naik dikelompok papan tengah.

Pada UN tahun sebelumnya mata pelajaran yang nilai hasil UN SMA sederajat di Malut yang paling rendah di antaranya Bahasa Indonesia, namun pada UN tahun 2014 ini diharapkan nilainya lebih baik, karena semua sekolah di Malut telah memberi perhatian khusus dalam mengajarkan bidang studi itu.

Menyinggung pelaksanaan UN SMA sederajat di Malut yang memasuki hari kedua, ia mengatakan, sesuai laporan dari kabupaten/kota, sejauh ini tidak ada masalah mendasar dan semuanya secara umum berjalan lancar.

Kasus tertukarnya naskah soal UN atau kekurangan naskah soal UN seperti yang terjadi pada UN tahun sebelumnya, pada UN tahun ini tidak terjadi lagi, karena Dikjar Malut bersama dinas pendidikan di semua kabupaten/kota telah mengantisipasinya dengan cara mengecek semua naskah soal UN sebelum didistribusikan ke stiap sekolah.

Ia menambahkan, naskah soal UN SMA sederajat di Malut dijamin tidak mengalami kebocoran, karena dalam pendistribusiannya sejak dari percetakan hingga ke Ternate dan diteruskan ke kabupaten/kota, termasuk saat ke setiap sekolah mendapat pengawalan ketat dari staf Dikjar Malut, aparat kepolisian dan pengawas dari perguruan tinggi.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014