Ambon (Antara Maluku) - Majelis Ulama Indonesia Maluku meminta Tim kampanye Capres-Cawapres yang ada di Maluku untuk selalu menjaga dan memelihara kondisi keamanan yang telah dibina selama ini.

"Sebagai ormas maka MUI bersikap netral dan juga meminta kepada masing - masing anggota pengurus MUI yang mempunyai hak memilih juga diberikan pilihan sesuai dengan keinginannya," kata Ketua MUI Provinsi Maluku Idrus Toekan di Ambon, Rabu.

Dia mengatakan, MUI Maluku juga meminta kepada masyarakat melaksanakan hak pilihnya kepada kedua pasangan Capres dan Cawapres juga sesuai dengan panggilan hati nuraninya.

"Ini imbauan yang kami selalu sampaikan, begitu juga menjelang bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi MUI Maluku juga akan menghimbau masyarakat guna melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ini sebaik - baiknya," katanya.

Dia mengatakan, untuk diketahui bahwa setiap tahun MUI Maluku senantiasa mengimbau masyarakat menjelang bulan suci ramadhan dan rencananya himbauan ini akan dikeluarkan melalui media masa dan elektronik yang ada di daerah ini.

"Apalagi tahun 2014 ini umat muslim menjalankan ibadah puasa bersamaan dengan masa - masa kampanye hingga Pilpres yang sesuai jadwal pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang," ujarnya.

Toekan menambahkan, beberapa hari yang lalu MUI Maluku juga melaksanakan istiqosah yang tujuannya mengajak masyarakat memohon doa kepada Allah agar tetap menjaga kondisi keamanan menjelang Pilpres maupun bulan ramadhan.

"Jadi intinya mengajak umat untuk berdoa, lanjutnya, agar Tuhan senangtiasa melindungi kita serta tetap menjaga keamanan di Maluku ini selalu kondusif di bulan suci ini," ujarnya.

Disinggung mengenai isu - isu kampanye hitam, bagaimana MUI Maluku melihat hal ini, Toekan mengatakan, haltu juga masalah, karena itu sebagai untuk hadapi pelaksanaan Pilres ini dengan menghindari diri dari berbagai macam provokasi berupa kampanye yang negatif.

"Semoga semuanya itu dijauhkan dari kita semua, sebab MUI sebagai lembaga tidak setuju malahan menghimbau untuk hindari kampanye - kampanye yang negatif, apalagi kampanye hitam," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014