Ternate (Antara Maluku) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut), dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang Lebaran, mengimbau kepada masyrakat agar melakukan mudik lebih awal dari sekarang.

"Kami imbau kepada warga yang hendak melakukan perjalanan ke kampung atau mudik, agar dilakukan mulai dari sekarang, kerana kalau menunggu hingga tiga hari sebelum lebaran baru mudik maka akan ada sebagian yang kemungkinan tidak diberangkatkan, mengingat kapasitas penumpang tidak bisa melebihi kemampuan volume angkut kapal laut," ujar Kepala Seksi lalu Lintas KSOP Kelas II Ternate Rushan Muhammad di Ternate, Jumat.

Rushan mengatakan, untuk jadwal kapal pelni yakni KM Sinabung dengan rute Ambon tujuan Ternate, kemungkinan pada minggu ini terakhir beroperasi, karena akan dioperasikan lagi setelah selesai lebaran.

"Untuk kapal pelni yakni KM Sinabung hanya beroperasi pada minggu ini, karena selanjutnya akan dioperasikan usai lebaran, jadi diimbau kepada warga yang hendak melakukan mudik agar dapat dimulai dari sekarang, untuk mengurangi angka lonjakan penumpang," ujarnya.

Menurutnya, yang paling difokuskan adalah, kapal penghubung antara kabupaten/kota misalkan Ternate tujuan Sanana, Ternate-Bacan, dan seterusnya.

"Saya prediksikan, kemungkinan akan terjadi lonjakan penumpang pada h-7 hingga h-3 sebelum lebaran, untuk kami juga memberikan toleransi berupa penambahan jumlah kouta penumpang, untuk masing-masing kapal," katanya.

Namun dengan syarat, harus memiliki alat keselamatan berupa pelampung, life jacket, dan alat keselamatan lainnya harus melebihi jumlah kouta penumpang, tambahnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014