Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon dan Perusahaan Daerah Panca Karya mengoperasionalkan koridor tiga angkutan umum Trans Amboina jurusan Nusaniwe.

"Koridor tiga trans Amboina jurusan Gong Perdamaian Dunia (GPD) -Latuhalat, kecamatan Nusaniwe, dioperasionalkan khusus untuk angkutan pelajar dan mahasiswa," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

Menurut dia, operasional angkutan Trans Amboina dilakukan karena selama ini terjadi masalah antara pelajar, mahasiswa, dan pengemudi angkutan kota (angkot).

"Pelajar dan mahasiswa kerap beradu mulut dengan pengemudi karena ongkos transport yang tidak sesuai, padahal untuk jurusan pusat kota-Latuhalat dan sekitarnya telah disesuaikan dengan SK Wali kota," ujarnya.

Richard mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan pemuda kecamatan Nusaniwe untuk membantu operasional angkutan tersebut.

"Pengoperasian dua unit bus tersebut akan membantu pelajar dan mahasiswa yang selama ini kesulitan mendapatkan angkutan untuk beraktivitas," katanya.

Direktur PD Panca karya, Yopi Huwae menyatakan jalur yang akan dilayani Trans Amboina yakni Gong Perdamaian-Latuhalat, dan akan berhenti di enam shelter yakni Gong Perdamaian, PGSD, Air Sabolar, Eri satu, Eri dua, dan SMPN 5 latuhalat.

"Dua unit bus Trans Amboina yang akan layani rute koridor tiga untuk setiap shelter bus ini akan berhenti selama satu menit, dan beroperasi pagi hingga sore hari," ujarnya.

Dissinggung soal tarif, Yopi mengakui penetapan disesuaikan dengan SK Walikota Ambon, Nomor 483/2013 tentang penetapan tarif angkutan jalan untuk penumpang umum kelas ekonomi.

Tarif yang berlaku untuk rute Gong Perdamaian-Taman Makmur Rp1.300, Gong-Amahusu Rp1.400 dan Gong-Eri-Latuhalat Rp2.000.

"Kami juga memberlakukan pengaturan waktu operasional yakni mulai pukul 06.00 wit, 11.00 wit dan 16.00 wit. Sedangkan untuk rute Latuhalat-Gong perdamaian pukul 06.30 wit, 11.30 wit, 16.30 wit," katanya.

Ia menambahkan, pengaturan waktu ini dimaksudkan agar diketahui masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa.

"Saya berharap dengan adanya dua unit bus trans amboina koridor III ini dapat membantu para pelajar ketika berangkat dan pulang sekolah atau kuliah pada jalur koridor tersebut, " tandasnya.

Sebelumnya angkutan trans Amboina telah melayani dua rute yakni Gong Perdamaian Dunia (GPD)-Laha (bandara), koridor dua GPD-Liang Maluku Tengah.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014