Ambon (Antara Maluku) - Polres Ambon dan Pulau-pulau Lease memusnahkan 2.665 liter minuman keras tradisional jenis Sopi jelang perayaan Lebaran 1435 Hijriah.

"Ribuan liter minuman keras tradisional ini kami sita selama dilaksanakan operasi Mantap Brata Siwalima 2014 selama Pemilu Presiden," kata Kasat Resnarkoba Polres setempat AKP Hendra Haurissa di Ambon, Jumat.

Operasi Mantab Brata ini kemudian dilanjutkan dengan operasi Ketupat Siwalima jelang Idul Fitri, sehingga jumlah barang yang disita mencapai 2,6 ribu liter.

Menurut Hendra, tidak ada pihak yang menjadi tersangka dalam penertiban ribuan liter minuman keras tersebut karena saat penggerebegan, tidak ada yang mengaku sebagai pemilik.

"Penyitaan minuman keras tersebut dilakukan tim gabungan dari Satresnarkoba beserta Satuan Shabara Polres," katanya.

Kasat Shabara Polres Ambon dan PP Lease AKP Aries T berhasil menyita ratusan botol berisi minuman keras ilegal yang baru masuk di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

Miras tersebut dibawa dengan Kapal Motor (KM) Maloli yang baru kembali dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat dan Kota Tual.

Hendra menambahkan bahwa jumlah minuman keras yang disita untuk dimusnahkan tahun ini relatif lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, kami menyita lebih dari 7.000 liter minuman keras tradisional di Kota Ambon," ujarnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014