Ternate (Antara Maluku) - Sejumlah warga di Ternate, Maluku Utara (Malut), memanfaatkan hari libur panjang pasca-hari raya Idul Fitri dengan memadati sejumlah objek wisata pantai yang tersebar di kota Ternate.

Salah seorang pengelola Pantai Sulamadaha, Husni Muhammad ketika dihubungi di Ternate, Kamis, megatakan sejak dua hari pasca-lebaran Idul Fitri, ribuan pengunjung memanfaatkan hari liburnya dengan menikmati keindahan pantai Sulamadaha.

"Karena padatnya kendaraan roda dua dan empat yang menuju ke Pantai Sulamadaha, terpaksa kami memanfaatkan sejumlah lokasi untuk dijadikan tempat parkir bagi pengunjung yang datang di objek pantai ini," katanya.

Meskipun ratusan kendaraan memadati jalan menuju kawasan objek wisata andalan di Malut tersebut, namun ribuan warga yang datang bersama keluarganya tetap berusaha masuk menerobos kemacetan.

Sebagian besar warga yang menggunakan kendaraan roda dua maupun empat harus mencari sejumlah jalan alternative menuju ke objek wisata Pantai Sulamadaha.

Ia mengakui jumlah pengunjung di objek wisata itu hari ini diprediksi tidak kurang dari 2500 orang. Jumlah itu meningkat drastis jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan hari libur biasa yang paling banyak 750 orang, bahkan tidak jarang hanya puluhan orang kalau cuaca pada hari libur kurang baik.

Jumlah pengunjung di objek wisata pantai andalan Kota Ternate itu puncaknya terjadi pada hari Minggu ini atau hari terakhir libur hari raya Idul Fitri. Petugas di objek wisata itu telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi membanjirnya pengunjung di sana, khususnya persiapan dalam antisipasi terjadi musibah saat pengunjung mandi di pantai.

Objek wisata lainnya di Ternate yang juga banyak dikunjungi warga Ternate pada hari libur hari raya Idul Fitri ini adalah Pantai Bobane Ici dan Pantai Akerica.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Pantai Sulamadaha, Iksan ketika dihubungi mengakui, sejak pagi bersama seluruh keluarga menikmati tempat hiburan Watterboom di kawasan Benteng Kalamata.

Di tempat terpisah, Kapolda Malut, Brigjen Pol Sobri Effendi Surya ketika dikonfirmasi mengatakan, pada Operasi Ketupat, aparat kepolisian juga menempatkan personel di semua objek wisata di daerah ini untuk menjaga keamanan di objek wisata seperti di Pantai Sulamadaha dan Pantai Dorpedu.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014