Ambon (Antara Maluku) - Coastal Community Development Project International Fund For Agliculture Development (CCD-IFAD) mengalokasikan anggaran pembangunan "fish shop" di Kota Ambon, Maluku.

"Direncanakan pembangunan fish shop akan dilakukan tahun 2014 di Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon menggunakan bantuan dari CCDP IFAD di Roma Italia," kata Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon, Fernanda Louhenapessy, Jumat.

Menurut dia, "fish shop" akan menjual seluruh komoditi perikanan baik yang sudah diolah dalam kemasan maupun masih mentah.

"Bentuknya bangunan yang terdapat etalase untuk menjual semua komoditi perikanan baik yg sudah diolah maupun yang belum. Tetapi faktor utama yakni higienis dan sanitasi, Karena semua komiditi yang dijual siap dikirim keluar daerah," katanya.

Fernanda mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas bangsal pengolahan ikan untuk membantu masyarakat berinovasi membuat ikan olahan kemasan.

"Bangsal tersebut nantinya akan dipergunakan untuk ikan olahan siap saji yang siap dipasarkan dalam bentuk kemasan dan telah ditata dengan baik," ujarnya.

Hasil olahan bangsal, sebagian akan dibawa ke fish shop tetapi juga akan didistribusi di swalayan dan pasar ole-ole di kawasan Tantui.

Pengolahannya dilakukan di bangsal olahan dan selanjutnya didistrubusi ke fish shop.

Selain itu, kata Fernanda, hasil analisa menunjukkan seluruh komoditi perikanan bisa diolah, tetapi harus dijaga dan dekat dengan lokasi produksi bahan baku.

Diakuinya, gambaran hasil perikanan yang akan diolah di bangsal olahan berupa pengasapan cair.

"Tahun ini kita fokus pada pengasapan cair yang merupakan alih teknologi, bukan pengasapan biasa. Kita bersyukur tahun 2014 kita mendapat bantuan produksi, fish shop dan mobil pemasaran keliling," kata Fernanda.

Ia menambahkan, program tersebut diharapkan berkesinambungan mulai tahun 2014 hingga 2017, guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para nelayan di pesisir.

"Kita selanjutnya akan menganalisis karena bantuan yang diberikan diseuaikan dengan karakteristik dan kemampuan daerah. Saya berharap kedepan sleuruhnya bisa berjalan dengan baik dan membantu masyarakat nelayan," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014