Ambon (Antara Maluku) - Memasuki hari ketiga lomba layar International Darwin-Ambon Yacht Race (DAYR) 2014, Selasa, baru tiga perahu peserta mencapai finis di Pantai Negeri Amahusu, Nusaniwe, Kota Ambon.

"Perahu layar Antipodes dengan kapten Geoff Hill bersama 16 anak buah menjadi yang pertama tiba, pada hari Senin (25/8) pukul,23.30 WIT," kata John Burke panitia asal Kota Darwin di lokasi finis pantai Negeri Amahusu, Selasa.

Peserta berangkat dari pantai Darwin (Australia Utara) menuju Ambon pada hari Sabtu (26/8) pukul, 11.00 waktu setempat.

Perahu peserta kedua yang masuk finis adalah Nautilus dengan kapten John Punch dan lima anak buah, tiba di lokasi finis pada hari Selasa (26/8) jam 03.44 WIT, dan perahu ketiga Australian Maid dengan kaptenn Jon Wardill yang masuk Selasa pagi pukul 10.13 WIT.

John Burke mengatakan, perahu peserta lain kemungkinan malam hari atau besok akan tiba di lokasi finis sebab posisi perahu masih jauh dari perairan Pulau Ambon.

Menurutnya, perlombaan tahun ini sangat bagus sebab didukung dengan kecepatan angin yang bertiup sejak dilepas dari pantai Darwin sampai masuk perairan Indonesia terutama Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

"Kecuali pada saat perahu memasuki perairan dalam tanjung Nusaniwe (P.Ambon) situasi tiupan angin agak berkurang," ujarnya.

Dia menjelaskan, perlombaan lomba layar tahun 2014 terbagi atas empat jenis lomba yakni jenis Monohull diikuti oleh empat perahu peserta, kemudian jenis Cruising Multihull empat perahu, Crusing monohull delapan perahu dan jenis rally yachts tiga buah perahu.

"Jadi semuanya ada 19 perahu peserta lomba DAYR tahun 2014 yang masuk finis di pantai Negeri Amahusu," ujarnya.

Burke menambahkan, perahu Antipodes mencapai lokasi finis di pantai Negeri Amahusu tiga jam lebih cepat dari waktu yang dicapai Australian Maid pada lomba tahun 2013.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014