Ternate (Antara Maluku) - Puluhan calon pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) dan mahasiswa Universitas Khairun Ternate, mengikuti simulasi pendaftaran CPNS melalui online.

"Simulasi tersebut tidak lain untuk memudahkan calon pelamar mengisi form pendaftaran CPNS melalui sisten Computer Assited Test (CAT) secara online," kata Kepala BKD Kota Ternate, Junus Yau di Ternate, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di ruang laboratorium informatika itu didampingi langsung Kepala Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (Kakanreg XI BKN) Manado Englits Nainggolan.

Bahkan terdapat salah satu dari 44 jumlah peserta yang dalam simulasi tersebut memperoleh nilai tertinggi sebanyak 78 poin, untuk itu dia diberikan insentif dari Endlits Nainggolan sebagai salah satu mahasiswa yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Unkhair sebagai peserta dengan perolehan nilai tertinggi dalam simulasi tersebut.

Menurutnya, dengan menggelar simulasi tersebut untuk mempermudah para calon pelamar PNS, sehingga tidak menjadi hal baru bagi CPNS untuk menggunakan sistem online.

Simulasi tersebut juga menyangkut beberapa sistem yang harus dipahami oleh para calon pelamar, di antaranya pengisian biodata dan soal yang harus dipahami calon pelamar.

Sistem CAT diciptakan agar pada pelaksanaan tes tidak ada lagi kecurangan dengan cara membayar orang yang dikenal agar dapat diloloskan, karena diawasi oleh pusat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014