Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff menyatakan pihaknya memiliki komitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah itu untuk dapat mengelola secara maksimal berbagai potensi sumber daya alam yang ada.

"Potensi sumber daya alam yang kita miliki cukup tersedia sangat luar biasa, sehingga diperlukan SDM berkualitas untuk mengelolanya demi kesejahteraan rakyat di daerah ini," kata Gubernur Said, di Ambon, Senin.

Gubernur menyatakan hal itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Setda Maluku, Bram Tomasoa, pada acara Diesnatlis Ke-29 Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM).

Menurut gubernur, dalam berbagai pertemuan dengan pejabat negara maupun para pengusaha yang peduli terhadap SDM, pihaknya tidak segan-segan bahkan tidak malu-malu meminta bantuan program beasiswa yang disedikan pemerintah maupun perusahaan.

Karena itu, gubernur meminta kepada seluruh lembaga pendidikan tinggi di Maluku untuk terus berupaya meningkatkan kualitas lulusan bagi anak-anak Maluku.

"Jangan kita bangga dengan kuantitas lulusan yang setiap tahun terus meningkat, tetapi perhatikan kualitas lulusan sehingga mampu bersaing dengan universitas lainnya," ujar Gubernur Said.

Tema Dies Natalies ke-29 "UKIM Berkomitmen Mencerdaskan Sumber Daya Manusia untuk Bersama-sama Melakukan Tugas Pembaruan Dalam Kehidupan Bergereja, Bermasyarakat dan Berbangsa", menurut gubernur, mengisyaratkan bahwa pembaruan di lingkungan gereja, masyarakat, dan bangsa akan dapat diwujudkan apabila tesedia SDM berkualitas.

Gubernur Said juga berharap kerja sama yang sudah dibangun UKIM dengan berbagai lembaga maupun badan dalam negeri maupun luar negeri semakin ditingkatkan demi menghasilkan lulusan bermutu yang siap mengabdi untuk masyarakat. 

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014