Ambon (Antara Maluku) - Kantor Pos Ambon kini mulai mengaktifkan kembali pos tenda yang ada di kawasan monumen Gong Perdamaian pusat Kota Ambon guna melayani masyarakat.

"Kami akan aktifkan kembali pos tenda yang ada disana guna mengurangi antrean yang terjadi di Kantor Pos Ambon selama ini," kata Kepala Kantor Pos Ambon Daniel Uneputy di Ambon, Jumat.

Dia menjelaskan, melihat kondisi yang terjadi di Kantor Pos sekarang ini yang cukup meningkat sehingga pihaknya harus melakukan sistem antrean agar pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik terpaksa pos tenda dihidupkan kembali.

Menurutnya, berdirinya pos tenda di lokasi Gong Perdamaian sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 hanya saja belum mendapatkan perhatian dari masyarakat sehingga dihentikan, namun untuk sekarang ini terpaksa dibuka kembali agar bisa melayani masyarakat.

"Tahun lalu selain pos tenda di Gong Perdamaian juga didirikan di tiga kecamatan adalah Kecamatan Nusaniwe berlokasi di Negeri Amahusu, Desa Latuhalat, Kelurahan Waihaong, kemudian Kecamatan Sirimau di Desa Gala, Kecamatan Baguala dan di Desa Lateri," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, sudah mencoba untuk mendirikan pos tenda di Desa Hitu, Kecamatan Hitu Leitimur, Kabupaten Maluku Tengah namun belum mendapat perhatian serius dari masyarakat.

Namun sekarang ini animo masyarakat yang melakukan transaksi layanan di Kantor Pos baik mengirim barang, surat pembelian meterai dan sebagainya sampai pada pembayaran rekening dan kredit sangat meningkat.

Karena itu, dengan dibukanya kembali pos tenda di lokasi Gong Perdamaian maka masyarakat yang ingin menggunakan jasa pos tidak lagi melakukan antrean di Kantor Pos pusat Kota Ambon tetapi cukup ke pos tenda yang ada di Gong Perdamaian.

Menurutnya, program pos tenda ini juga sebagai pengganti layanan mobil pos keliling yang dilakukan selama ini.

"Jadi, kalau biasanya kami gunakan mobil pos keliling untuk melayani masyarakat sampai ke desa dan kelurahan, maka sejak tahun 2012 kami ubah dengan kegiatan pos tenda dengan menempati beberapa lokasi tertentu di kota Ambon," katanya.

Untuk aktivitas layanan di pos tenda, lanjutnya, mulai dari jam 08.00 WIT hingga jam 15.00 WIT.***3***



Nurul H





(T.KR-IVA/B/N005/N005) 19-09-2014 13:11:06

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014