Ternate (Antara Maluku) - Universitas Muhammadiyah (UMMU) Kota Ternate untuk tahun ini, telah merencanakan membuka Fakultas Kedokteran.

Rektor UMMU Ternate, DR Kasman Hi Ahmad mengatakan di Ternate, Sabtu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah persyaratan pendirian Fakultas Kedokteran seperti RSU dan laboratorium.

Sebenarnya, kata Kasman, keinginan untuk membuka Fakultas Kedokteran sejak tahun 2011, akan tetapi, masih saja terbentur dengan berbagai persyarakatan yang belum terpenuhi seperti penyediaan laboratorium, sehingga tahun ini baru diprogramkan.

"Untuk sementara, kita ikut saja proses dan berusaha terus untuk memenuhi persyaratan, dan sekarang ini kita mengikhtiarkan salah satu RSU pendukung yang belum memenuhi persyaratan dan kampus sendiri belum layak dijadikan RSU sendiri, sebab harus ada kerjasama dengan Univeritas Negeri yang memiliki Fakultas Kedokteran dan RSU pendidikan," ujarnya.

Kasman juga mengaku, UMMU saat ini tengah membangun kerjasama dengan Unhas dan kini dalam tahapan iniloby dan sementara juga dalam pergantian kabinetnya, untuk perubahan secara singnifikan juga belum tahu, karena saat ini masih masuk tes evaluasi dari seluruh program studi termasuk fakultas kedokteran dan kita ikuti saja perkembangnya.

Sebelumnya, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, pada tahun 2015 juga rencananya akan membuka Fakultas Kedokteran, sebagai salah satu terobosan dalam memajukan pendidikan khususnya di bidang kesehatan.

Pembantu Rektor I Unkhair Ternate, DR Ridha Adjam mengatakan pihaknya telah mengkoordinasikan rencana pembentukan fakultas itu dengan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Kementerian Kesehatan, Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional serta instansi terkait lainnya.

Ridha mengatakan, dengan pembentukan Fakultas Kedokteran nantinya tenaga medis yang dilahirkan nanti bisa melayani masyarakat di daerah ini.

Untuk permatang rencana pembentukan fakultas itu, Unkhair Ternate juga telah bersama Direktur RSUD Chasan Boesoerie DR Samsul Bahri, Kadis Kesehatan DR Idhar Sidi Umar ke Makassar untuk menindaklanjuti pembentukan Fakultas Kedokteran Unkhair.

Kehadiran mereka di Makassar dimanfaatkan untuk bertemu dengan Rektor Unhas dan hasil pertemuan pada 22 Agustus 2014 itu, mereka meminta kepada Unhas untuk menjadi Pembina untuk Fakultas Kedokteran Unkhair.

"Unhas Makassar telah banyak membina Fakultas Kedokteran di Indonesia Timur, sehingga Unkhair juga meminta agar kampus itu bisa membina Fakultas Kedokteran Unkhair," kata Ridha.

Unkhair Ternate merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Malut dan belum memiliki Fakultas Kedokteran, sehingga untuk merealisasikan itu, ada komitmen Rektor Unhas untuk membantu merealisasikan rencana tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014