Ternate (Antara Maluku) - Sejumlah anggota DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), nampak tak serius untuk mengikuti orientasi, padahal agenda ini menyuguhkan berbagai materi penting yang menjadi bekal selama menjadi wakil rakyat di parlemen nanti.

"Sejumlah anggota DPRD pada saat jalannya materi mulai dari malam pertama pembukaan hingga pagi materi kedua yakni pancasila dan implementasinya, nampak sejumlah anggota DPRD terlihat duduk di luar dan tidak mengikuti orientasi tersebut," kata salah seorang pengamat politik dari UMMU Malut, Subhan di Ternate, Sabtu.

Bahkan, ada alasan kalau mekanisme orientasi dan materinya seperti anak-anak, sehingga mereka merasa tidak terlalu penting untuk diikuti padahal baru hari pertama orientasi.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar anggota DPRD Ternate dan sejumlah kabupaten/kota lainnya yang mengikuti orientasi ini bisa fokus, karena akan bersentuhan dengan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat selama lima tahun mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ternate sementara, Mubin A Wahid menyatakan, orientasi yang dilakukan angkatan pertama oleh anggota DPRD kabupaten/kota se Propinsi Malut akan menambah wawasan dan pemahaman tugas anggota DPRD.

"Materi-materi yang disuguhkan dalam orientasi ini merupakan materi yang sangat penting di mana menyangkut tugas dan wewenang DPRD, tata tertib, perencanaan pembangunan Nasional dan daerah, sehingga menyangkut anggaran daerah, materinya cukup bagus, nanti kita lihat yang mempersentasikannya apakah memang mampu memberikan bobotan kepada DPRD atau tidak, namun bagi saya itu cukup bagus," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD yang tidak serius mengikuti semua materi terserah mereka, namun bagi saya orientasi ini sangat penting untuk diikuti.

Mengingat, orientasi ini tujuannya adalah bagaimana teman-teman anggota DPRD melaksanakan hak dan kewajiban sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga teman-teman yang malas silakan saja.

Namun, apakah dia bisa melaksanakan tugasnya atau tidak kita lihat saja, sehingga kenapa dianggap ini penting dan serius mengikutinya, karena sangat bermanfaat walaupun sudah dua periode menjabat sebagai anggota dewan.

Untuk itu, diharapkan kepada wakil rakyat yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat agar betul-betul serius mengikuti pelatihan ini hingga selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014