Ambon Antara Maluku  Sebanyak 20 petinju, baik putra maupun putri dikota Ambon terjaring persiapan ke pekan olahraga provinsi Maluku (Popmal) III yang penyelenggaraanya dijadwalkan di Ambon, 21-27 November 2014.

"20 petinju itu terjaring hasil seleksi yang diselenggarakan pada 24 - 26 September 2014," kata Ketua Pengkot Ambon, Brury Nanulaitta, saat dikonfirmasi di Ambon, Sabtu.

Seleksi melibatkan delapan sasana dari 17 yang terdaftar di Pengkot Perina Kota Ambon.

Para petinju selanjutnya mengikuti pemusatan latihan (TC) guna mengikuti latihan sesuai program dari para pelatih.

"Tinju merupakan cabang olahraga yang mendulang medali emas guna memberikan konstribusi bagi penentuan peringkat Kota Ambon menjuarai Popmal dua kali penyelenggaraan sebelumnya sehingga para atlet harus digembleng optimal," ujarnya.

Seleksi dilaksanakan dengan melibatkan wasit dan hakim yang diarahkan memberikan penilaian objektif agar terjaring petinju yang nantinya menjalani TC, selanjutnya diterjunkan di Popmal III dengan harapan mengukir prestasi terbaik.

Dia mengakui, seleksi ini dimanfaatkan untuk mengevaluasi pembinaan di masing - masing sasana guna menggairahkan generasi muda menekuni cabang olahraga ini.

Apalagi, hasil Popmal III juga dimanfaatkan Pengprov Pertina Maluku untuk memantau para petinju berbakat.

Petinju yang terjaring nantinya dibina dan diseleksi untuk mewakili Maluku di pra PON 2015.

"Hasil Pompal III juga dijaring untuk nantinya berlaga di kejuaraan terbuka memperebutkan piala Gubernur Maluku, Said Assagaff dijadwalkan di Ambon pada pertengahan Januari 2014," kata Brury.

Dia menambahkan, Pengkot Pertina Ambon bertekad mendukung program Pengprov Pertina Maluku yang bertekad menyelenggarakan pra PON pada 2015.

"Jadinya sebagai tuan rumah harusnya sukses prestasi, keuangan dan penyelenggaraan sehingga eventnya rutin dilaksanakan setiap tahun," ujar Brury Nanulaitta.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014