Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 800 orang mengikuti berbagai jenis lomba yang dilaksanakan untuk memeriahkan Pesta Teluk Ambon tahun 2014.

"Lomba yang berlangsung dari 24 - 27 Oktober 2014 itu adalah lomba perahu manggurebe diikuti sembilan regu, renang estafet 21 regu, lomba mancing 155 regu, lomba manggurebe perahu semang wanita 37 regu, dan pria 72 regu, voli pantai 20 regu, hawaian band, dan beberapa mata lomba lainnya," Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Maluku, Bastian Mainassy saat menyampaikan laporan pada acara pembukaan di lokasi wisata pantai Negeri Amahusu, Jumat.

Tahun 2015, lanjutnya, akan diusahakan lebih meriah lagi dengan menghadirkan peserta dari provinsi tetangga seperti Maluku Utara, Papua dan Sulawesi Tenggara.

Dia menjelaskan, pesta teluk yang diselenggarakan saat ini merupakan salah satu kegiatan daerah yang telah menjadi agenda nasional dan dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati hari wisata dunia, dimana tahun 2014 mengangkat tema pariwisata dan pembangunan masyarakat, sebagai pintu masuk bagi para wisatawan yang berkunjung ke Maluku.

"Kota Ambon memiliki daya tarik wisata yang bervariasi mulai dari pantai dengan laut yang jernih dan pemandangan bawah laut yang indah," katanya.

Dengan demikian keanekaragaman biota bawah laut yang cukup menarik perlu kita tunjukan kepada dunia melalui kegiatan Pesta Teluk Ambon dan merupakan salah satu bentuk promosi Maluku sebagai salah satu destinasi wisata yang mengangkat potensi wisata Maluku.

Menurutnya, kegiatan ini cukup memberikan manfaat yang besar dalam rangka perekonomian Provinsi Maluku dan warga Kota Ambon khususnya.

Pseta Teluk Ambon yang menggelar seni budaya Maluku merupakan salah satu daya tarik wisata Maluku dan mendorong peran serta masyarakat dalam mengembangkan pariwisata sekaligus menarik minat infestor datang ke Maluku.

Dia menambahkan, kegiatan ini atas kerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Taman Budaya Maluku, dan Meseum Siwalima Maluku serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku.

Pesta Teluk Ambon yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Said Assagaff di pantai wisata Negeri Amahusu ditandai dengan pemukulan tifa dan dilanjutkan dengan pelepasan lomba perahu manggurebe yang diikuti sembilan perahu dari Kota Ambon, dan Maluku Tengah.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014