Ambon (Antara Maluku) - Kontingen Kota Ambon pada Pekan Olah Raga Provinsi Maluku (Popmal) III 2014, di cabang Atletik hari kedua masih memimpin perolehan medali.

Nomor-nomor yang dipertandingkan pada final hari kedua cabang Atletik, adalah nomor 200 meter putra-putri, nomor 800 meter putra-putri dan nomor 5.000 meter putra.

Selanjutnya, final tolak peluru putra dengan limit waktu 13.50 meter, tolak peluru putri dengan limit waktu 12.30 meter dan final lompat jauh putri dengan limit waktu 5.90 meter.

Dari hasil perolehan medali di cabang Atletik pada pertandingan hari kedua untuk nomor lari 200 meter, 800 meter dan 5.000 meter serta tolak peluru putra-putri dan lompat jauh putri, kontingen Kota Ambon memperoleh medali terbanyak, yakni berjumlah 20 medali, dengan rincian 12 medali emas, empat medali perak dan empat medali perunggu.

Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) memperoleh sebanyak sembilan medali, dengan rincian, empat medali emas dan lima medali perak. Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) memperoleh sebanyak sembilan medali, dengan rincian dua medali emas, empat medali perak dan tiga medali perunggu.

Kota Tual memperoleh sebanyak dua medali dengan rincian, satu medali emas dan satu medali perunggu. Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) memperoleh sebanyak tujuh medali, dengan rincian empat medali perak dan tiga medali perunggu.

Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) memperoleh sebanyak enam medali, dengan rincian satu medali perak dan lima medali perunggu. Kabupaten Buru memperoleh sebanyak dua medali, dengan rincian satu medali perak dan satu medali perunggu. Sedangkan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) masing-masing tidak mendapat perolehan medali.

Pada babak final nomor lari 200 meter putri yang meraih medali emas oleh Viera Hetharie dari Kota Ambon, dengan kecepatan waktu 26.87 detik. Medali perak diraih oleh Eklesia Souisa dari Kabupaten SBB dengan kecepatan waktu 27.91 detik. Medali Perunggu diraih oleh Henderina Nikolebu dari Kabupaten SBB dengan kecepatan waktu 28.11 detik.

Untuk babak final nomor lari 100 meter putra, medali emas diraih oleh Fandry Sopacua dari Kota Ambon dengan kecepatan waktu 23.26 detik, medali perak diraih oleh Budi Ahmad Payogo dari Kabupaten MTB dengan kecepatan waktu 23.31 detik dan medali perunggu diraih oleh Ronald M. Letsoin dari Kota Tual dengan Kecepatan waktu 23.35 detik.

Selanjutnya, babak final nomor lari 800 meter putri, medali emas diraih oleh Kesia Hattu dari Kabupaten Malteng, dengan kecepatan waktu 2:24.96, medali perak diraih oleh Desi Pelamonia dari Kabupaten Malteng, dengan kecepatan waktu 2:28.43 dan medali perunggu diraih oleh Omy Picarima, dengan kecepatan waktu 2:29.04.

Kemudian babak final nomor lari 800 meter putra, medali emas diraih oleh Monce Picarima dari Kabupaten Malteng, dengan kecepatan waktu 2:03.58, medali perak diraih oleh Marthen Robertubun, dari Kabupaten Malra dengan kecepatan waktu 2:04.70 dan medali perunggu diraih oleh Leonardus Samangun, dari Kabupaten MTB dengan kecepatan waktu 2:05.92.

Selanjutnya, final nomor lari 5.000 meter putra, medali emas diraih oleh Ramly Ohorela dari Kota Ambon, dengan kecepatan waktu 17:01.90, medali perak diraih oleh Risky Akollo dari Kabupaten SBB, dengan kecepatan waktu 17:24.96 dan medali perunggu diraih oleh Marthen Robertubun dari Kabupaten Malra, dengan kecepatan waktu 18:33.20.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014