Ambon, (Antara Maluku) - INPEX Corporation, perusahaan migas yang beroperasi di Blok Masela, Maluku Tenggara Barat (MTB), tahun 2014 ini menyerahkan 160 beasiswa untuk mahasiswa Universitas Pattimura di Ambon (51 beasiswa) dan tiga Sekolah Tinggi (109) di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, MTB.

Siaran pers INPEX yang diterima Antara, Kamis, menyatakan penandatanganan MoU dan berita acara serah-terima beasiswa itu dilakukan di Kantor INPEX di Jakarta oleh Vice President Corporate Services Nico Muhyiddin dan Ketua YPT-RLS Solvy Maritje Magdalena L. mewakili Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS) yang mewadahi tiga Perguruan Tinggi penerima di Saumlaki.

Ketiga Perguruan Tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki (STIESA), Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Saumlaki (STIAS), dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saumlaki (STIKIPS).

Acara serah-terima dihadiri dan disaksikan oleh Presiden Direktur INPEX Indonesia Shunichiro Sugaya dan perwakilan SKK MIGAS, dari Tanggung Jawab Sosial (TJS) Bagian Kehumasan SKK Migas Febrian Dama Asmara.

Ketua YPT-RLS Solvy Maritje Magdalena L. atas nama seluruh mahasiswa dan mahasiswi STIESA, STIAS, dan STIKIPS mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh INPEX Corporation dan berharap program tersebut dapat mempererat hubungan antara INPEX dengan masyarakat Maluku, khususnya masyarakat MTB dan MBD.

"Kami berterimakasih atas bantuan ini dan berharap program ini dapat turut membantu mencerdaskan masyarakat Maluku dan bahkan berharap pula kiranya para mahasiswa kami dapat turut menjadi bagian dalam kegiatan INPEX di Maluku nanti," katanya.

Menurut dia, program bantuan ini diprioritaskan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari wilayah MTB dan MBD serta sejumlah mahasiswa Maluku di Ambon yang akan menerima manfaat untuk menutupi biaya kuliah dan tesis penelitian mereka.

Walaupun INPEX belum berproduksi dan belum melakukan aktivitas yang berarti di daerah ini, sejak tahun 2010 INPEX telah melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikenal sebagai Program Investasi Sosial di daerah Maluku, kawasan dimana INPEX selama ini melakukan kegiatan operasional.

Selanjutnya serah terima pemberian program beasiswa juga dilakukan oleh INPEX kepada pihak Universitas Pattimura di Ambon pada Jumat, 28 November 2014 di Ruang Kerja Rektor Universitas Pattimura di Ambon, Maluku.

Program beasiswa dari INPEX Corporation ini akan diberikan pada 20 Mahasiswa dari Kabupaten MTB dan 20 orang dari Kabupaten MBD dari berbagai jurusan serta 10 orang dari berbagai daerah di Maluku.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si mengapresiasi langkah positif yang dilakukan oleh INPEX Corporation dan berharap adanya peningkatan dalam jalinan kerjasama antara kedua belah pihak.

"Saya belum lama ini sempat membaca majalah Gatra tentang perusahaan minyak dan gas, saya liat INPEX ini sebetulnya statusnya masih belum berproduksi dan mendapatkan keuntungan. Di saat masih banyak perusahaan di luar yang sudah mendapatkan keuntungan namun belum juga melakukan CSR nya, apa yang dilakukan INPEX hari ini merupakan sebuah langkah yang positif dan diluar ekspektasi, salah satunya dengan program beasiswa seperti ini", katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014