Ambon (Antara Maluku) - Legislator Provinsi Maluku Lucky Wattimury meminta Dinas Perhubungan menyiapkan desain awal Program Tol Laut untuk keterhubungan berbagai pulau daerah setempat maupun secara nasional.

"Program Tol Laut yang akan menghubungkan seluruh pulau di Indonesia dan menjadi andalan Pemerintahan Presiden dan Wapres Joko Widodo-Jusuf Kalla sangat strategis, namun untuk implementasinya daerah perlu menyiapkan desain awal," kata anggota komisi C DPRD Maluku, Lucky Wattimury di Ambon, Jumat.

Dari rancangan awal program yang disediakan Dishub, bisa diketahui item mana saja masuk skala prioritas untuk diperjuangkan anggarannya ke pemerintah, katanya.

Apalagi, kata Lucky, komisi C dalam waktu dekat akan menjalankan agenda penyampaian aspirasi ke pemerintah sehingga diperlukan kesiapan program yang matang.

Berbagai sarana infrastruktur dasar sebagai penunjang program ini tentunya membutuhkan dukungan anggaran yang memadai.

"Saya usulkan Dishub Maluku selaku mitra dapat menyiapkan desain awalnya, sehingga kita juga bisa membahas serta memperjuangkan hal-hal lain yang berkaitan dengan pemerintah saat melakukan penyampaian aspirasi," katanya.

Anggota komisi lainnya, Efendy Latuconsina mengatakan penyiapan desain awal tol laut ini selan dibahas DPRD, komisi juga akan melakukan kajian serta studi banding ke daerah lain yang karakteristik wilayahnya mirip dengan Maluku.

"Dalam waktu dekat kami juga akan melaksanakan agenda studi banding ke Provinsi Riau, untuk melihat secara dekat perkembangan kelautan di daerah itu," katanya.

Bila seluruh proses ini berjalan baik, komisi akan menyiapkan sebuah rancangan peraturan daerah yang khusus mengatur Program Tol Laut.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014