Ambon (Antara Maluku) - Mendagri Tjahjo Kumolo telah menyetujui Kepala Inspektorat Maluku, Semmy Risambessy menjadi Penjabat Wali Kota Tual.

Karo Pemerintahan Pemprov Maluku, Hamin Bin Thaher, di Ambon, Senin, mengatakan, Mendagri menyetujui Semmy yang diusulkan Gubernur Said Assagaff bersama dua pejabat lainnya pada pekan kedua Desember 2014.

Dua pejabat lainnya adalah Asisten II Sekda Maluku, Ujir Halid dan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Provinsi Maluku, Vera Tomasoa.

"Jadi Semmy segara dilantik Gubernur agar bisa mengemban tugas, menyusul Wali Kota Tual Mahmud Muhammad Thamher maupun Wakil Wali Kotanya, Adam Rahayaan sedang menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ambon," ujarnya.

Keduanya tersandung dugaan korupsi dana asuransi DPRD Kabupaten Maluku Tenggara tahun anggaran 1999 - 2004 senilai Rp 5,78 miliar.

"Mahmud dan Adam dinonaktifkan hingga ada keputusan hukum tetap terhadap keduanya," kata Hamin.

Dia juga menjelaskan, soal Gubernur Said mengusulkan Semmy berdasarkan permintaan Wali Kota Tual, Mahmud Muhammad Thamher.

"Semmy adalah permintaan Mahmud yang telah berstatus terdakwa terkait dugaan korupsi dana asuransi DPRD Kabupaten Maluku Tenggara tahun anggaran 1999 - 2004," tegas Hamin.

Pengusulan ke Mendagri juga berdasarkan Pengadilan Tipikor Ambon menyurati Pemprov Maluku menjelaskan status hukum Mahmud maupun Wakil Wali Kotanya, Adam Rahayaan yang juga terlibat kasus serupa.

Pengadilan Tipikor Ambon itu menjawab surat Sekda Maluku, Ros Far - Far dengan No. 180/3058 tanggal 2 Desember 2014.

Kasus ini baru mencuat setelah Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri menyurati Kejati Maluku dengan nomor X.350/478/A.3/IJ tanggal 7 November 2008 tentang dugaan korupsi APBD Tahun Angaran 2002,2003 dan 2004.

Surat Irjen Depdagri itu berdasarkan atas hasil audit Badan Pemeriksah Keuangan (BPK) RI yang menindak lanjuti hasil yang dilakukan BPK Perwakilan Maluku.

M.M.Tamher - Adam Rahayaan dilantik Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu di Tual pada 8 Desember 2008.

Keduanya terpilih untuk periode kedua melalui Pilkada Kota Tual pada 11 Juni 2013 dan dilantik Penjabat Gubernur Maluku, Saut Situmorang pada 31 November 2013.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014