Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Indonesia City Expo (ICE) dan Rapat Kerja Nasional(Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2015.

"Pemkot Ambon akan menjadi kota tuan rumah Rapat Kerja Nasional APEKSI dan Indonesia City Expo ke-13 tahun 2015 yang akan dilaksanakan 6 - 10 Mei 2015," kata Direktur APEKSI Sarimun Hadisaputra, saat launching IEC dan Rakernas di Ambon, Rabu.

Menurut dia, Indonesia City Expo merupakan pameran tahunan sejak tahun 2003, yang diselenggarakan oleh APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia).

Penetapan Ambon sebagai tuan rumah kegiatan dilakukan setelah Rakernas Apeksi di kota Dumai , Riau tahun 2014, melalui beberapa pertimbangan pengurus dan anggota.

"Penetapan tuan rumah merupakan suatu kehormatan bagi Pemkot yang ditunjuk, hal ini juga merupakan bentuk pemerataan untuk seluruh kota disertai pertimbangan strategis," katanya.

Sarimun mengatakan, persiapan pelaksanaan telah dilakukan antara pihaknya bersama Pemkot Ambon seperti lokasi dan fasilitas penunjang pelaksanaan kegiatan.

"Kami bersama Even Organizer telah melakukan koordinasi dan survey tempat serta fasilitas penunjang, karena kegiatan tersebut direncanakan akan dihadiri kurang lebih 1.500 - 2.000 peserta," katanya.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada pekan promosi kota di Indonesia diantaranya Rakernas Apeksi 6-7 Mei 2015, pameran ICE 6 - 10, Ladies Program 6 Mei 2015, City Tour kota Ambon dan penanaman pohon khas kota pada 7 Mei.

Selain itu pagelaran seni budaya nusantara, pawai budaya dan pemilihan stand pameran terbaik.

"Pawai dan pegelaran seni budaya nusantara akan diikuti seluruh peserta baik Wali kota, Wakil Wali kota dan pendamping, karena itu harus dipersiapkan seluruh fasilitas dan akomodasi peserta dengan baik," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan pihaknya siap menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan nasional di tahun 2015.

"Kegiatan ini merupakan pembuktian Ambon sudah aman untuk dikunjungi sekaligus memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi dan sosial," katanya

Kegiatan tersebut,lanjutnya diharapkan dapat menjadi sarana pemulihan kondisi Ambon untuk kembali mendapat kepercayaan secara Nasional dan internasional.

"Pendapat masyarakat luar Ambon masih belum aman untuk dikunjungi dan dilakukan investasi, tetapi kami berupaya mengembalikan keindahan dan kedamaian di kota ini melalui pelaksanaan kegiatan berskala nasional," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015