Ambon (Antara Maluku) - Kelompok nelayan di Kota Ambon menerima bantuan tiga unit kapal penangkap Purse Seine berkapasitas tujuh gross ton (GT) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kelompok nelayan dari tiga Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yakni Hative besar, Pandan Kasturi dan Seilale menerima bantuan Purse Seine berkapasitas tujuh GT, kata Ketua Kelompok itu, Fernanda di Ambon, Jumat.

Bantuan tiga unit kapal tersebut bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2014.

Menurut dia, bantuan kapal penangkap ikan diberikan melalui proses identifikasi dan verifikasi hingga penyerahan kepada para penerima bantuan.

"Tahapan dimulai dari survei lapangan yang diketahui Kepala desa dan lurah, setelah itu proposal disampaikan ke dinas untuk proses verifikasi secara administratif tentang keberadaan KUBE tersebut," katanya.

Fernanda mengatakan, bantuan kapal penangkap ikan diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup kelompok nelayan.

"Di tempat lain bantuan pemerintah tidak dimanfaatkan secara maksimal, karena penerima bantuan tidak merasa memiliki. Karena itu diharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan bersama." katanya.

Dijelaskannya, KUBE penerima bantuan kapal bertanggung jawab terhadap operasional kapal, selain itu hasil tangkapan digunakan untuk biaya perawatan, perbaikan, asuransi dan lainnya.

"Kapal diberikan kepada kelompok nelayan yang membutuhkan setelah melalui tahapan agar penerima bantuan merasa memiliki dan memberikan nilai ekonomis bagi mereka yang menerimanya," ujarnya.

Pihaknya juga telah menyerahkan 25 unit pancing tonda masing-masing berkapasitas 1,5 GT kepada kelompok nelayan.

"Seluruh proses pembagian telah dilakukan hari ini (30/1) dilanjutkan dengan penandatangaan berita acara serah terima," katanya.

Ditambahkannya, bantuan dari anggaran tahun 2015 telah dirancang dan direncanakan akan diberikan bantuan lima unit Purse Seine berkapasitas tujuh dan pancing tonda sebanyak 17 unit.

"Seluruhnya telah dirancang di pusat, kita akan mengurangi bantuan pancing tonda kita dan di tambah ke kapal penangkap, karena kita berupaya agar nelayan Ambon naik tingkat," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015